Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 28 Oktober 2023

Peringati Sumpah Pemuda Ke-95, Ini Pesan Gus Qodir

Probolinggo, SNN.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 sudah sepatutnya menjadi spirit terbarukan bagi generasi muda. Khususnya pemuda-pemudi di Kabupaten Probolinggo dalam menghasilkan karya terbaik dan berkontribusi membangun negeri dengan terus meningkatkan sinergi kolaborasi.

Sumpah Pemuda juga berkaitan dengan pergerakan para pemuda dalam meraih Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Menurut Gus H. Ahmad Abdul Qodir, hal itu adalah keniscayaan yang harus dilaksanakan secara kolektif dan berksinambungan. Diantaranya dapat dilakukan melalui penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan memanfaatkannya untuk meningkatkan keilmuannya di era serba digital. Memberikan benefit untuk lingkungan sosial sudah pasti tujuannya,"ungkap Gus Qodir kepada media  di kediamannya, Sabtu (28/10/23).

Lebih lanjut Gus H.Ahmad Abdul Qodir menjelaskan tentang kecanggihan Terlebih saat ini teknologi internet sangat mudah diakses oleh semua orang. Sifatnya bisa menjadi positif atau negatif bagi masyarakat, sehingga bergantung dari penggunanya.

"Peringatan sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pelajaran kebaikan untuk dijadikan tauladan dan inspirasi dalam membangun misi bangsa yang besar," kata Gus Qodir

Menurutnya, Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 memberikan pelajaran penting menghadapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Pemuda sekarang harus lebih kreatif, inovatif dan kolaboratif. Tantangannya dengan keterbukaan informasi dan kemajuan IT, maka di satu sisi merupakan alat untuk mempersatukan. Tapi di sisi lain, kecanggihan tekonologi termasuk ancaman yang bisa memprovokasi anak bangsa untuk melakukan hal-hal negatif,” tandas Gus Qodir sapaannya.

Maka dari itu, kami terus mengedukasi sekaligus memberikan pendampingan kepada pemuda-pemudi di semua lini melalui edukasi tentang literasi digital.

“Kita tidak akan berhenti membangun karakter pemuda. Harus kita isi dengan karakter yang menjunjung tinggi persatuan kesatuan dan keberagaman. Juga menjunjung tinggi perbedaan jangan dilemahkan, tapi harus dijadikan alat pemersatu. Ini adalah kekuatan bangsa Indonesia,” ujar Gus Qodir dengan nada bersemangat.

"Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Peringatan sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap persatuan Indonesia selalu ada bersama dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia," tambah Gus Qodir

Gus Qodir berharap, pemuda masa kini mampu menjaga marwah bangsa, memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa dan negara sebagaimana cita-cita pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Semangat untuk selalu tumbuh membangun Indonesia, berdaulat, bersatu untuk kemajuan bangsa dan negara," pungkas Gus Qodir. (Fabil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"