Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 16 Mei 2024

Dandim Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto Hadiri Pelantikan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo

Probolinggo, SNN.com - Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto bersama sejumlah undangan menghadiri kegiatan pelantikan majelis pembimbing cabang gerakan pramuka Kota Probolinggo pergantian antar waktu masa bhakti 2024-2025, Kamis (16/5).

Pj Wali Kota Probolinggo Nurkholis mengatakan,
selaku ketua majelis pembimbing cabang gerakan pramuka Kota Probolinggo yang baru saja dilantik semoga kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi pembinaan pramuka di Kota Probolinggo. 

Saya berkomitmen akan selalu memberikan bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materil, finansial dan konsultasi kepada satuan, gugus depan dan kwartir. 

"Saya mempunyai kewajiban membina, membimbing dan mensupport semua program-program anak muda terutama anggota pramuka yang ada di kota Probolinggo, baik bimbingan arahan, saran dan nasehat," kata Pj Wali Kota Nurkholis.

Sementara Ketua kwarda gerakan pramuka Jawa Timur Arum Sabil dalam arahannya menyampaikan, 
gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal yang turut berperan dalam pendidikan kaum muda Indonesia. tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana menempatkan pramuka sebagai bagian penting dalam lingkungan strategis indonesia serta memposisikan kegiatan pramuka sebagai centre of excellence bagi para pemuda.

" Gerakan pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang termasuk ke dalam jalur pendidikan non formal yang berupaya membentuk kepribadian kaum muda yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup," ujarnya.

Ia menambahkan, gerakan pramuka menjadi wadah pembentukan karakter dan kepribadian kaum muda. Dalam upaya penyusunan arah kebijakan gerakan pramuka Indonesia tahun 2014–2045 ditetapkan visi yaitu gerakan pramuka wadah utama pembentukan kader pemimpin bangsa.

Gerakan pramuka sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang memiliki tugas berat sebagai wahana negara dan bangsa dalam rangka menyiapkan kader-kader muda pemimpin bangsa di masa depan. " Untuk itu, kualitas gerakan pramuka harus diproses melalui serangkaian program, kegiatan dan latihan keorganisasian yang terus menerus tanpa henti," ungkapnya.

Sementara Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto berharap, melalui kegiatan gerakan pramuka diharapkan karakter dan kepribadian kaum muda dapat dibina dan dikembangkan guna turut serta dalam pembangunan nasional.

Tugas ini sangat berat jika hanya dipikul sendiri oleh gerakan pramuka. Dalam praktiknya, tentu saja memerlukan dukungan seluruh pemangku kepentingan negara dan bangsa agar cita-cita bersama tersebut dapat terwujud dengan seksama, sistematis dan terstruktur.

Gerakan pramuka harus memenuhi kualifikasi objektif yang menjadi bekal kader pramuka dalam mengarungi tantangan lokal, nasional, regional, dan global di semua lini kehidupan yang akan dijalaninya.

"Kualifikasi itu berwujud pada empat hal yaitu karakter, kecakapan hidup, bela negara, dan kerelawanan, keempat hal ini adalah modal fundamental bagi seorang calon pemimpin bangsa dan negara di masa depan,"pungkasnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"