Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 01 Mei 2024

Koramil 0812/10 Babat Bersinergi dalam Tanam Jagung Serentak untuk Mensejahterakan Masyarakat Melalui Program Ketahanan Pangan Nasional

Lamongan, SNN.com - Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional TNI jajaran Kodim 0812 Lamongan melalui Koramil 0812/10 Babat bersinergi bersama Muspika dan warga dalan menyiapkan lahan pertanian untuk ditanami jagung yang bertempat di Desa Patihan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Rabu (01/05/2024).

Penanaman jagung serentak tersebut di lakukan di lahan seluas 2 Hektar yang berada di Desa Patihan Kecamatan Babat Kab Lamongan dengan dipimpin langsung oleh Danramil 0812/10 Babat Kapten Inf Yudi K bersama Muspika Kec Babat kab Lamongan

Dalam penanaman ini Kapten Inf Yudi K  menuturkan, Disini saya beserta Muspika, bersama dinas pertanian untuk melakukan penanaman jagung serentak melalui program dari TNI AD atau komando atas, yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat khususnya di bidang pertanian agar jangan sampai kedepannya kekurangan untuk masalah ketahanan panganan ini. Yang intinya kami mendukung pemerintah baik itu dari Dinas Pertanian maupun TNI AD. Tegasnya.

Secara serentak. Semua Koramil Jajaran Kodim 0812 Lamongan yang ada di Kabupaten lamongan menanam Jagung. Hal Ini di lakukan sesuan petunjuk dan arahan dari Komando Atas. Kata Danramil 0812/10 Babat Kapten inf Yudi K.

Dalam hal ini Danramil menjelaskan,” Sebelumnya anggota sudah menyiapkan lahan kurang lebih 3 sampai 4 hari dalam penyiapan lahan dan pada tahap pencangkulan tanah serta membersihkan tumbuhan liar yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengolahan lahan, agar nantinya pada saat ditanami, tanaman jagung tersebut tidak terganggu pertumbuhannya, "Jelasnya.

Menurut dirinya, lahan yang berada di wilayah teritorial Koramil 0812/10 Babat tersebut, nantinya akan ditanami dengan tanaman jagung karena sesuai dengan konstruksi tanah.

“ Lahan ini kita tanami dengan tanaman jagung, karena memang lahannya sangat cocok dengan jenis tanaman ini, sehingga kita harapkan hasilnya nanti juga bisa maksimal, ” katanya dengan di bumbui senyum kasnya.

Kapten inf yudi K juga menambahkan program ketahanan pangan ini merupakan perintah dari komando atas yang bertujuan untuk penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat, di mana aparat teritorial diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan ketahanan pangan.

“Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara,” Tambahnya.

Sementara di tempat yang sama Kepala desa Patihan Hasan Siswanto mengucapkan terima kasih karena desa Patihan sebagai salah satu untuk desa untuk penanaman jagung serentak ini.

Tentu saja dengan adanya program dari TNI AD terkait ketahanan pangan bahwasanya untuk masyarakat Desa Patihan sangat mendukung sekali dalam ketahanan pangan dan kedepan saya berharap agar nantinya program seperti ini dapat terus berkesinambungan dan bersinergi dengan pertanian untuk membantu petani dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional. Tambahnya. (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"