Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 12 Mei 2024

Tanam Bersama, Lapas Lamongan Launching Penanaman Padi Organik Varietas Unggul

LAMONGAN, SNN.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jatim melaksanakan Launching Penanaman Padi Organik Varietas Unggul bersama Kelompok Tani (Poktan) Mulyojoyo dan Margojoyo, Sabtu(11/05).

Launching Penanaman Padi Organik Varietas Unggul ini dilaksanakan di Dsn. Balan Ds.Banjarejo Kec.Sukodadi Kab. Lamongan dan dihadiri oleh Kepala Lapas (Kalapas) Lamongan, Mahrus. Turut hadir juga Komandan Rayon Militer (Danramil) , Sukri , Kasie Binadik dan Giatja ,Yauman Sarif, Rujito selaku Penyuluh dan diikuti oleh 5 Warga Binaan beserta petugas Lapas Lamongan serta beberapa masyarakat Poktan Mulyojoyo dan Margojoyo.

Kalapas Lamongan beserta rombongan menuju lokasi memulai kegiatan menanam bersama secara simbolis padi organik varietas unggul yang nantinya akan menjadi beras organik.

Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui proses budidaya organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia.
padi organik dapat menjaga dan meningkatkan keseimbangan ekosistem, mencegah eksploitasi berlebih, dan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang terbarukan.

Padi organik dapat menjadi solusi bagi petani untuk meningkatkan kemandirian petani mengatasi tingginya harga pupuk kimia. Hal ini dikarenakan dalam budidaya padi organik, pupuk dapat diproduksi sendiri.

Lazimnya, satu malai pohon padi hanya 200-300 bulir saja. Namun, melalui hasil inovasi padi varietas unggul Lapas Lamongan, satu malai padi bisa menghasilkan sampai 500 bulir padi.

Kalapas Lamongan, Mahrus berharap kegiatan ini dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi dan konsisten.

"kami harapkan dari uji coba disini itu akan menghasilkan produktivitas yang tinggi  karna dari riset yang sdh kita lkukan tingkat pertumbuhan baik vegetatif maupun generatif mengalami peningkatan yang signifikan , sehingga disini ditanah masyarakat di Dsn. Balan kita harapkan dapat konsisten nantinya," Harap Mahrus.

Diharapkan dengan produktivitas yg konsisten nantinya untuk periode tanam berikutnya dapat dilakukan ekspansi penanaman lahan lahan kelompok tani yang lainnya.

Kegiatan ini juga merupakan bukti bahwa Lapas Lamongan hadir dan bahu membahu bersama masyarakat khususnya petani untuk mewujudkan tercapainya peningkatan produksi dan pemanfaatan lahan yang sesuai dengan potensinya. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"