Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 09 Juli 2021

Dinas Kesehatan Lamongan Buka Vaksinasi Anak Usia di Atas 12 Tahun


Lamongan, SNN.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan mulai membuka Vaksinasi untuk Anak usia di atas 12 tahun ke atas. Kegiatan ini akan dilakukan setiap hari selasa-kamis pada pukul 08.00-11.00 WIB di Dinas Kesehatan Lamongan. Syaratnya hanya Kartu Keluarga (KK) atau kartu anak.

Vaksinasi terhadap anak itu masuk dalam program vaksinasi tahap 3 yang dirilis Kementerian Kesehatan.

Selain anak usia 12 tahun ke atas, vaksinasi tahap 3 (tiga) juga menyasar masyarakat rentan dan masyarakat umum lainnya. 

“Sudah mulai dilakukan untuk di atas 12 tahun ke atas. Setelah uji klinis sudah dapat rekomendasi bahwa usia 12 tahun sudah bisa,” kata dr. Herwidhiyah Shidayatri selaku Kabid Pelayanan Masyarakat Dinkes Lamongan.

Kegiatan vaksinasi ini juga sebagai bentuk dukungan pada fasilitas kesehatan seperti puskesmas, fakses TNI dan Polri, sehingga vaksinasi dapat mencapai sasaran target sebesar 70 persen.

“Kami targetkan Agustus sudah 70% warga yang sudah divaksin tapi dilihat dari vaksin yang tersedia, ujar dr. Herwidhiyah saat ditemui pada kegiatan Vaksinasi pada Kamis, (7/8) di Dinas Kesehatan Lamongan.


Untuk mencapai target tersebut tergantung pada ketersediaan dan distribusi vaksin yang diberikan oleh pemerintah pusat. Sehingga untuk mendapatkan vaksin masyarakat harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui link https://forms.gle/uNWfTin1X9TgpqSV9.

“Saat ini kami lakukan penjadwalan sementara dan kami tidak melalukan pendaftaran secara langsung untuk menghindari kerumunan. Sehingga kita buatkan link untuk masyarakat mendaftar,” tambahnya.

Kemudian, jadwal vaksin akan diberitahukan melalui Instagram dan facebook Dinkes Lamongan sehari sebelum vaksinasi. 

Dokter Herwidhiyah menghimbau masyarakat untuk segera vaksin agar meningkatkan kekebalan tubuh dari virus Covid-19 dan tetap menerapakan protokol kesehatan meskipun telah divaksin.

“Vaksinasi bukan berarti dengan vaksin kita bebas tidak terkena. Upaya kita untuk meningkatkan kekebalan tubuh, bukan jaminan setalah vaksin kita terhindar dari covid namun setidaknya meningkatkan daya tahan tubuh jadi bila terkena covid tidak terlalu parah,” jelasnya.


Setelah vaksin untuk anak usia 12 tahun ke atas, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan juga untuk ibu hamil tergantung dari rekomendasi Kementerian Kesehatan. “Mungkin nanti bergerak untuk ibu hamil tergantung uji klinis,” katanya.

Saat ini, Dinas Kesehatan Lamongan telah berhasil melakukan vaksinasi sebesar 13,43 persen dari 70% sasaran vaksin. Kegiatan ini akan berlangsung tergantung ketersedian vaksin.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"