Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 13 Juli 2021

Gerakan Serentak Lawan Covid -19 Di Kabupaten Tuban Di Luncurkan Gubernur Jawa Timur


Tuban, SNN.com - Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa di dampingi Forkopimda Jatim serta Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., dan Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., bersama Forkopimda Tuban meluncurkan Gerakan Serentak Lawan Covid -19 di Kabupaten Tuban, Selasa ( 13/07/2021 ). 

Pencanangan program sinergitas ini dilakukan di depan Kantor Palang Merah Indonesia ( PMI ) Cabang Tuban yang juga di hadiri Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., jajaran pejabat TNI dan Polri, serta pimpinan OPD terkait.

Pada kesempatan itu, di PMI Tuban Gubernur Jatim bersama Bupati Tuban meninjau pelaksanaan donor plasma konvalesen, Vaksinasi dan swab test Covid -19 serta pemberangkatan tim penyemprotan desinfektan. Setelah itu, rombongan bergerak menuju lapangan Desa Beji, Kecamatan Jenu guna meninjau pelaksanaan Vaksinasi, swab test Covid -19, dan pemantauan terhadap pelaksanaan PPKM Darurat di wilayah setempat. Kegiatan kunjungan kerja Gubernur Jatim bersama rombongan di lanjutkan dengan pengecekan ketersedian oksigen di Kantor Samator Gas Industri Tuban.

Kepada awak media, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan Gerakan Lawan Covid -19 menjadi wujud keseriusan jajaran Forkopimda Jatim dan Kabupaten Tuban untuk menanggulangi pandemi Covid -19.  

Gerakan Lawan Covid -19 kali ini terdiri dari sejumlah kegiatan, yaitu penyemprotan desinfektan, Vaksinasi massal untuk lansia, umum, dan pelajar, swab antigen Covid -19 dan donor plasma konvalesen.

“ Seluruh kegiatan di satukan dan di sinergikan untuk memaksimalkan penanggulangan Covid -19 di Jawa Timur,” bebernya.


Lebih lanjut, Pemerintah Pusat akan mendistribusikan 300 ribu paket obat untuk memenuhi kebutuhan obat. Tidak hanya itu, ketersediaan oksigen di Kabupaten Tuban aman untuk 7 Rumah Sakit dan masyarakat yang menjalankan isolasi mandiri. 

Samator Tuban mampu produksi oksigen sebanyak 550 tabung per hari. Bagi warga yang membutuhkan dapat langsung datang ke Kantor Samator untuk melakukan pengisian. 

“Jangan sampai ada yang menimbun obat, tabung dan oksigen,” jelasnya.

Gubernur yang juga Ketua PP Muslimat NU ini mengapresiasi dan berterima kasih pada semua pihak dan masyarakat yang telah mendukung penanggulangan Covid -19. Ikhtiar yang telah di jalankan selama ini dapat terus di pertahankan. 

“ Tetap patuhi protokol kesehatan, dan laksanakan 5 M,” paparnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menegaskan memberi perhatian khusus terhadap ketersediaan obat dan oksigen, proses penyaluran hingga ke tingkat terendah, dan stabilitas harga. 

Guna mendukung hal tersebut, di bentuk Satuan Tugas ( Satgas ) dengan fungsi melakukan pemantauan terhadap ketiga aspek tersebut. Jajaran Kepolisian di bawah Polda Jatim di instruksikan menjalankan tugasnya dengan maksimal. 

“ Kami akan menindak tegas oknum yang terbukti menimbun obat dan oksigen,” jlentrehnya. 


Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE. menuturkan pada Gerakan Lawan Covid -19 di Kabupaten Tuban kali ini sebanyak 50 ribu paket alat swab antigen dan 10 -15 ribu dosis Vaksin akan di distribusikan ke - 311 Desa dan 17 Kelurahan di Kabupaten Tuban. 

Sejalan dengan proses distribusi juga dilakukan penyemprotan desinfektan. Guna mencukupi kebutuhan bagi penderita Covid -19, dilakukan donor plasma konvalesen sebanyak 136 peserta. 

Mas Lindra, Sapaan akrab Bupati Tuban, juga menambahkan Pemkab Tuban bersama instansi terkait telah menerapkan penyekatan di sejumlah titik dan memberlakukan jam malam. Langkah tersebut selaras dengan pemberlakukan PPKM Darurat sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat. 

“ Kami harap upaya sinergis dari Pemkab Tuban bersama Forkopimda dan instansi terkait mendukung keberhasilan penaggulangan Covid -19 di Jawa Timur,” tuturnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"