Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 12 Maret 2022

Bupati Aru Lantik 13 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 21 Pejabat Adminstrator dan 2 Pejabat Fungsional


Kepulauan Aru, SNN.com - Perombakan jabatan pimpinan tinggi pratama dan jabatan adminstrator serta jabatan fungsional di lingkup pemerintahan Kabupaten Kepulauan Aru kembali dilakukan oleh Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga.

Kali ini, bertempat di lantai II Kantor BPKAD, Jl. Raya Pemda Aru, Bupati dua periode itu kembali melaksnakan pengambilan sumpah/Janji dan pelantikan 13 orang dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan 21 orang dalam Jabatan Administrator  serta 2 orang dalam jabatan fungsional di lingkungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, Jumat (11/3/2022).

13 pejabat yang dilantik dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama antara lain:
1. dr. HENTJI HENDRI DARAKAY yang sebelumnya menjabat selaku Sekretaris Dinas Kesehatan dilantik sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Kepulauan Aru.

2. JON WENDRI UTUKAMAN, SH. Mantan Camat Aru Utara ini sebelumnya menjabat selaku Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  dilantik sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kab.Kep.Aru.

3. ARMAND WALLAY, S.Pi, M.Ec. Dev selaku Sekretaris Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah dilantik sebagai 
Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru.

4. YOSEP LAKESJANAN, S.Sos yang sebelumnya menjabat selaku Camat Aru Selatan dilantik sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepulauan Aru

5. dr. WATI GUNAWAN, M.Kes
Jabatan lama selaku Direktur RSUD Cendrawasih Dobo, 
dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru.

6. BERNADUS ADJAS, SE
Jabatan lama sekaku Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Aru  dilantik sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kepulauan Aru.

7. PRIMUS BOBY LET LET, SP, MH, Jabatan lama selaku Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dilantik sebagai 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru

8. BERTHY CORNELES IMULY, SE, Jabatan lama selaku Kepala Bagian Organisasi Setda Aru dilantik sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Aru.

9. EDWIN NANLOHY, ST
Jabatan lama selaku Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dilantik sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kepulauan Aru.

10. RUSTAM BUNGIN, SE
Jabatan lama selaku Kepala Bagian Keuangan Sekretaris DPRD dilantik sebagai Kepala Dinas Sosial Kabuoaten Kepulauan Aru.

11. JOEL GAITE, S.Sos
Jab lama selaku Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat dilantik sebagai
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Aru.

12. FRANS WATTIMENA, SE, M.Si, Jabatan lama selaku Sekretaris Inspektorat dilantik sebagi Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru.

13. MAXIE TAMSON MUSSA, SP, Jabatan lama selaku Kepala Bagian Kerjasama Antar Wilayah Setda Aru dilantik sebagai Kepala Dinas Kom Info Kabupaten Kepulauan Aru.


Sementara 21 Pejabat yang dilantik dalam Jabatan Pimpinan Administrator antara lain :
1. RUSLI GOLAP, SH
Jabatan lama : Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Aru.dilantik sebagai Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kepulauan Aru.

2. ARIS FRITS ARIANTO GAINAU, SKM, MPH
Jabatan lama selaku Sekretaris Badan Kesbangpol dilantik sebagai Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kepulauan Aru.

3. MOCHDAR TILDJUIR, S.Sos
Jabatan lama selaku Sekretaris Dinas Kom Info dilantik sebagai Kepala Bagian Persidangan dan Risalah Sekretariat DPD Kabupaten Kepulauan Aru.

4. LAMBERTUS NARAHA, S.Sos
Jab lama selaku Camat Aru Utara Timur dilantik sebagai
Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Kepulauan Aru.

5. BENONI LIESAL, SE 
Jabatan lama selaku Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Aru dilantik sebagai Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 
Kabupaten Kepulauan Aru.

6. MARKUS BOB SOUISA, SH
Jabatan lama selaku Kepala Bagian Persidangan dan Risalah Sekretariat DPRD dilantik sebagai Sekretaris Inspektorat Kabupaten Kepulauan Aru.

7. GEORGE HABEL KARUNY, SH
Jabatan lama selaku Sekretaris Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja dilantik sebagai 
Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kabupaten Kepulauan Aru.

8. JOSEPUS MAURITS LARWUY, ST. MH
Jabatan lama selaku Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat dilantik sebagai
Kepala bagian  Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Kepulauan Aru.

9. MARVIEN SALEKY, S.Hut
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dilantik sebagai 
Kepala Bagian Kerjasama Antar Wilayah Setda Kabupaten Kepulauan Aru.

10. HASAN ABDURAHIM SERANG, SP, M.Si
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Kesbangpol dilantik
sebagai Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Aru.

11. SARAH IMELDA BOTHMIR, S.Pi
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Pembudidayaan Ikan dilantik sebagai Sekretaris Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru.

12. PAULA DJONLER, SH, MH
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Pengelolaan Publik Diskominfom dilantik sebagai
Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Aru.

13. ARNOLD SEDUBUN, SH
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol Pamong Praja dilantik sebagai Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kepulauan Aru.

14. Drs. MARTIN LUTHER BADIDI, Jabatan lama selaku Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dilantik sebagai 
Sekretaris Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Aru.

15. MOAMAR GADAFI RUMRA, SH, MH
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Udara Dinas Perhubungan dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kepulauan Aru.

16. MOHANING GOULAP, SP, M.Si
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dilantik sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Kepulauan Aru.

17. RIDWAN BUNGIN, ST
Jabatan lama selaku Kepala bidang Perhubungan laut Dinas Perhubungan dilantik sebagai 
Sekretaris Dinas Perhubungan 
Kabupaten Kepulauan Aru.

18. JOHAN BOLAKLABNA, S.Sos
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial dilantik sebagai Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Kabupaten Kepulauan Aru.

19. BORIS KWAITOTA, S. STP
Jabatan lama selaku Kepala Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting Dinas Perdagangan dan Perindustrian dilantik sebagai
Camat Aru Selatan.

20. HESTI WAHYU UTAMI, SE
Jabatan lama selaku Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda Pada Inspektorat dilantik sebagai Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Kabupaten Kepulauan Aru.

21.  RICO TEHUPURING, SH.
Jabatan lama selaku Auditor Ahli Muda pada Inspektorat dilantik sebagai  Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Kabupaten Kepulauan Aru.

Kemudian 2 Pejabat yang dilantik dalam Jabatan Pimpinan Fungsional adalah
 RINI KARTINI RENOAT, S. Farm dilantik sebagai Auditor Pratama Kabupaten Kepulauan Aru. Sementara  ULLIFAH, S. Akt dilantik sebagai Auditor Pratama Kabupaten Kepulauan Aru.

Dalam sambutannya, Bupati Johan Gonga mengatakan, pengambilan sumpah /janji merupakan suatu proses penataan kembali atau reposisi yang lazim dilakukan dalam suatu birokrasi pemerintahan dengan tujuan meningkatkan kinerja birokrasi ke arah yang lebih baik diwaktu yang akan datang. 


Pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas pemerintahan, percepatan pembangunan dan pelayanan umum.

"Perlu saya tekankan bahwa kepercayaan yang diberikan kepada saudara saudara, harus dilihat dari prespektif tugas dan tanggung jawab serta pengabdian yang harus dilaksanakan dengan etika dan moral yang santun, dan apabila saudara tidak mampu melaksanakannya dengan baik maka suka atau tidak suka, kita akan mengevaluasi serta merekrut kembali pejabat baru dan memberikan kesempatan kepada ASN yang lan untuk menggantikan posisi yang saudara duduki dalam kerangka pembinaan pola karier bagi PNS yang memenuhi syarat," tandasnya.

Lanjut dia, sebagai implementasi dari Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah nomor 11 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, maka dalam pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru tahun 2022 ini, kita selenggarakan melalui Seleksi Terbuka dan dilaksanakan oleh Pansel dan Assesor yang berkompeten serta hasilnya telah dikonsultasikan dengan KASN dan telah dikeluarkan rekomendasinya untuk dapat diangkat dan dilantik. 

Menurutnya, parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan dalam seleksi terbuka, meliputi pertimbangan kapasitas, kompentensi, integritas, loyalitas, moralitas, mutasi jabatan, pendidikan dan pelatihan, asesment, serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada pemerintah.

"Point pertimbangan tersebut akan kita evaluasi terus menerus dan kapan saja bagi setiap ASN yang menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama, apakah yang bersangkutan memegang teguh komitmen pengabdiannya atau sebaliknya," ujar Gonga.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"