Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 14 Maret 2022

KJJT Walayah Kabupaten Bojonegoro, Gelar Sinau Bareng Jurnalis


Bojonegoro, SNN.com - Setelah memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022 beberapa waktu lalu, kini Komunitas Jurnalis Jawa timur (KJJT) menggelar Sinau bareng jurnalistik. 

Kegiatan tersebut digelar di rumah anggota KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro S. Habibie, yang berada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (14/3/2022),

Tampil sebagai dosen pembimbing Arieyoko (Mantan Ketua PWI Bojonegoro), dengan dihadiri 27 anggota dan 4 orang yang berhalangan hadir.

Dosen pembimbing Arieyoko menyampailan materi tentang teknis menulis berita.

"Secara ringkas, kami sampaikan patokan menulis berita bagi seorang jurnalis," ungkap Arieyoko, Senin (14/3/2022),

Lanjut pria yang akran disapa Mas Arie, bahwa berita itu mesti memenuhi kaidah 5 W 1 H, yakni, unsur apa (what), siapa (who) dimana (where), kapan (when), mengapa (why), serta bagaimana (how).

"Jika berita menggunakan 5W dan 1H, maka akan menjadikan berita gamblang, mudah dipahami, tidak mbulet, tidak ruwet serta tidak bikin mumet," kata pria mantan Wartawan Republika, Semarang, itu menegaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Mas Arie juga memberikan kiat tentang bagaimana teknis menulis berita yang baik.


Acara sinau bareng yang berdurasi sekitar 2 jam itu, juga digelar diskusi dengan berbagai pertanyaan seputar, bagaimana cara menulis berita yg baik.

"Wartawan harus rajin menulis dan menulis. Karena dengan belajar teknis menulis dan selalu menulis maka tulisan wartawan tersebut akan makin baik," katanya menandaskan.

Sementara itu, Ketua KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro Sukisno dalam sambutanya mengatakan, bahwa sinau bareng jurnalis  ini adalah sinau bareng perdana dan akan dilaksanakan secara rutin setiap bulannya.

"KJJT Bojonegoro merealisasikan program pendidikan jurnalis yang diprogramkan oleh KJJT Pusat," ungkapnya.

Lanjut pria yang juga pemred media siber rakyatnesia.com, bahwa dengan digelarnya pendidikan jurnalis maka jurnalis Bojonegoro akan semakin baik dalam menulis.

"Setelah ini, KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro bakal menggelar bhakti sosial (bhaksos), ke salah seorang jurnalis yang sudah purna dan kondisinya lagi sakit," kata Sukisno menandaskan.

Di akhir sambutanya, dia mengajak semua jurnalis yg tergabung dalam KJJT agar melaksanakan tugasnya dengan baik. 

**(Humas KJJT Bojonegoro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"