Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 09 Maret 2022

Mas Bupati Tegaskan Penanganan Banjir Tak Boleh Setengah - Setengah, Tinjau Lokasi Hulu Dan Hilir Penyebab Banjir Plumpang


Tuban, SNN.com - Usai mendapat laporan dari masyarakat terkait banjir di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban Senin malam, keesokan harinya Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky langsung meninjau sungai hulu dan hilir penyebab banjir di Kecamatan Plumpang. Titik lokasi sungai ada di Desa Pakis Kecamatan Grabagan dan Desa Trutup, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Selasa ( 8/3/2022 ).

Bersama Sekda Budi Wiyana dan OPD terkait, Mas Bupati meninjau kondisi  sungai di kedua wilayah tersebut. Kedua sungai ini kemarin malam meluap dan mengakibatkan banjir di Desa setempat. Limpahan air dari Daerah hulu mengakibatkan wilayah Desa Trutup banjir. Air menggenangi rumah warga hingga lahan pertanian.

Usai peninjauan, Mas Bupati mengatakan jika masalah utama dari banjir tersebut adalah kondisi lahan di Daerah perbukitan yang gundul membuat air langsung turun ke sungai. Hujan yang cukup deras membuat sungai tak mampu menahan debit air hingga meluap. Selain itu, juga membuat tanah yang dekat dengan permukiman warga sekitar sungai di hilir ambles.“ Masalahnya masih sama, karena kondisi di atas itu lahannya gundul, sungai juga mengalami sedimentasi, jadi air meluap dan langsung ke bawah semua,” lanjutnya.  

Untuk penanganan jangka pendek, Pemkab bersama Pemdes akan membangun penahan atau bronjong untuk Daerah hilir yang mengalami ambles. Adapun untuk wilayah hulu yaitu Desa Pakis Kecamatan Grabagan akan dilakukan pembuatan Embung . “ Solusi jangka pendek untuk Trutup kita buat Bronjong, untuk permanennya di Desa Pakis kita akan rencanakan buat Embung. Paling cepat di anggarkan lewat PAPBD, kalau tidak bisa ya APBD tahun depan,” bebernya.

Mas Bupati menegaskan, penyelesaian masalah banjir tidak boleh sepotong - potong. Untuk itu, penyelesaian masalah harus dari hulu hingga hilir.“ Makanya, kita akan selesaikan di hulu dengan penghijauan, tapi saya mohon kepada masyarakat untuk tidak menebang dan merusak tanaman yang telah kita tanam,” tandasnya. 

Mas Lindra juga berpesan agar masyarakat yang berada di Daerah yang  dekat dengan bantaran sungai atau anak sungai untuk terus waspada dan ber hati - hati saat ini.“ Iya saya minta tetap waspada, karena curah hujan tinggi di Kabupaten Tuban,” tutupnya.


Sementara itu, Camat Plumpang, Saefiyudin menegaskan, pihaknya akan berkolaborasi dengan OPD terkait  untuk penanganan banjir dari hulu hingga hilir. “ Sesuai petunjuk Mas Bupati, kita akan berkolaborasi dengan BPBD, Bappeda Litbang, DLHHub, Pemdes dan lainnya,” tutur Asep sapaan akrabnya. Ia juga berterima kasih, gerak cepat dari Mas Bupati dalam penanganan banjir di Daerahnya.“ Kita ucapkan terima kasih Mas Bupati langsung datang ke sini dan membantu warga kami,” paparnya.

Menurut keterangan Kepala Desa Trutup Kecamatan Plumpang Selamet Widodo, banjir bandang yang terjadi senin  malam kemarin selain menggenangi rumah 25 Kepala Keluarga, dan 10 hektare lahan pertanian, juga telah menghanyutkan sedikitnya satu ekor sapi. Beruntungnya sapi tersebut selamat, dan lahan pertanian juga telah panen.“ Satu sapi sempat hanyut, tapi Alhamdulillah selamat, untuk lahan pertanian memang tergenang tapi juga alhamdulilla sudah di panen,” jelas Selamet. Ia mengaku wilayah utara Desa nya baru pertama kali di landa banjir.“ Baru pertama ini kalo wilayah sini,” sambungnya.

Selamet berharap, penaganan banjir segera terealisasi. Pihaknya akan bekerja berkolaborasi dengan Pemkab.“ Semoga semua cepat terealisasi, dan di sini tidak banjir lagi,” tandasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Mas Bupati juga membagikan sembako kepada warga yang terdampak banjir.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"