Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 03 Maret 2022

Warga Desa Domas Senang Adanya Program PTSL


Gresik, SNN.com - Desa Domas Kecamatan Menganti Kabupaten gresik, Jawa Timur ada program PTSL. Melalui kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional atau ATR / BPN program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) dapat mempercepat masyarakat memperoleh sertipikat.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali , yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum di daftarkan di dalam suatu wilayah atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu . Melalui program ini pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang di miliki masyarakat, Kamis(03/03/2022).

Awak Media Sorotnuswantoronews.com Klarifikasi terkait latar belakang program ini karena pemerintah masih menemukan banyak tanah di Indonesia yang belum disetujui atau tidak memiliki sertipikat.

Syarat program PTSL yang harus di penuhi pemohon yakni dokumen kependudukan berupa kartu keluarga, kartu tanda penduduk, surat tanah, tanda batas tanah yang terpasang, bukti setor biaya perolehan hak atas tanah dan bangunan dan pajak penghasilan serta pemohonan atau surat pernyataan peserta.

Warga Desa Domas Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik bisa bernafas lega, pasalnya program PTSL sudah masuk di desanya. Keantusiaan warga dengan program PTSL ini di sambut sangat baik oleh pemerintah desa. Dengan melalui musyawarah mufakat Kepala Desa Domas beserta Perangkat Desa menetapkan sebagai Ketua PTSL : Sulton SH.MH Sekertaris : Cahyo dan Bendahara : Nuriyadi. Anggota : Seluruh Rt Dan Rw Desa setempat. 

Desa Domas cukup luas dan warganya sangat mendukung program PTSL ini. Dari Dusun Domas yaitu Dusun Kebon Dalem dan Dusun petal, warga yang sudah mendaftarkan bidang tanahnya dan data yang sudah masuk ke panitia PTSL sebanyak kurang lebih 1000 bidang.

Kepala Desa Sri Retnowati sebelumnya selalu menghimbau warganya agar mendaftarkan bidang tanahnya karena program PTSL ini sangat membantu mempercepat pengurusan tanah menjadi bersertipikat.

Kepala Desa dan Ketua PTSL beserta seluruh anggota PTSL dan juga Perangkat Desa Domas sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat dengan adanya program PTSL di desanya ini , karena program ini sangat bermanfaat bagi warga desanya.

PTSL di Desa  Domas berjalan sangat lancar karena pihak pemerintah desa serta badan pengawas desa juga ikut membantu, "pungkas ketua PTSL. 

Repoter : Muri
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"