Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 01 Mei 2022

Bagi Penjual Bunga Ziarah Menjelang Idul Fitri, Ada Berkah Tersendiri


Bojonegoro, SNN.com - Ketika bulan suci Ramadhan serta menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri beberapa tahun terakhir, rupanya juga membawa berkah tersendiri bagi pedagang bunga untuk ziarah atau bunga yang biasa digunakan dan ditabur diatas makam leluhur, kakek nenek, orang tua, dan/atau sanak saudara, di beberapa tempat sekitar Tempat Pemakaman Umum (TPU) maupun di Pasar Tradisional. Pasalnya di setiap lebaran Hari Raya Idul Fitri bagi umat muslim tersebut membuat para penjual bunga tabur itu ada berkah tersendiri dalam penghasilannya serta meningkat drastis, Minggu (01/05/2022) pukul 09:09 WIB.

Seperti apa yang disampaikan oleh Siti Kusimi Maharani (31) warga Ledok kulon kepada awak media sorot nuswantoronews.com salah satu pedagang penjual bunga tabur di lokasi dalam pasar kota Bojonegoro mengatakan bahwa hampir disetiap tahun pembeli bunga tabur atau bunga ziarah mengalami peningkatan semenjak awal puasa Ramadan, dan hal ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan pembeli hingga lebaran Idul Fitri nanti,

“Biasanya untuk menjual sepuluh kantong bunga tabur di hari hari biasa sangat sulit mas, namun pada bulan puasa dan lebaran Idul Fitri ini, bahkan bisa menjual lebih dari 50 kantong bunga di setiap harinya,” ucap Kusimi panggilan akrabnya..

Lebih lanjut dikatakan, menurut Kusimi, bunga tabur ziarah tersebut ia jual dengan harga Rp 5.000 per kantongnya, kalau hari hari biasa ia menjual Rp 3.000 per kantongnya. Ia pun mengaku sangat menunggu setiap hari menjelang lebaran datang, karena saat hari besar keagamaan umat muslim itu, mereka bisa meraup rezeki yang lumayan besar.

“Alhamdulillah, pokoknya ada berkah tersendiri mas, ya! bisa buat menambah membeli kebutuhan lebaran Idul Fitri dan keperluan lainnya,” ujarnya.

Hal senada juga di ungkapkan pendagang bunga lain Musriyah, (42) warga Ledok wetan yang biasa berjualan di Depan Kantor Pegadean jalan Kartini, Ia mengatakan berjualan bunga pada saat lebaran ini memberikan berkah tersendiri bagi keluarganya, karena keuntungan bersih yang bisa didapat saat ramai seperti sekarang ini lebih besar dua kali lipat dibanding hari-hari biasa.

Ia juga menambahkan, keuntungan hasil berjualan tersebut lumayan baik bagi keluarganya, selain untuk kebutuhan lebaran, di sisi lain juga bisa disimpan untuk keperluan sehari-hari, setelah kondisi pengunjung pembeli bunga terbilang sepi.

“Berdasarkan pengalaman tahun tahun sebelumnya, pembeli bunga ziarah dihari hari menjelang lebaran ini akan terus meningkat hingga tiga atau empat hari setelah lebaran,” pungkasnya. (Muri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"