Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 16 September 2022

Sukseskan TNI Manunggal Air, Babinsa Koramil 0812/11 Kedungpring Dampingi Tim Kostrad Cari Titik Sumber Air


Lamongan, SNN.com - Babinsa Koramil 0812/11 Kedungpring Serda Sumarsono mendampingi tim dari prajurit Pal Kostrat   dalam rangka pencarian sumber titik air untuk pembuatan sumur bor program TNI Manunggal Air di Wilayah Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. jumat (16/09/2022)

Dalam pendampingan ini, dengan menggunakan alat geolistrik berupa resistivity meter berfungsi untuk mendeteksi keberadaan sumber air di tanah. Kegiatan pendeteksian dimulai dengan titik survei di Desa Dradah  ditemukan sumber air di kedalaman 221 meter dengan debit/volume air besar dengan kualitas bagus.

“Penyelidikan dengan alat geolistrik ini sebagai pendahuluan untuk memperoleh informasi di bawah permukaan tanah yang menyangkut struktur geologinya, informasi yang diperoleh dari penyelidikan geolistrik ini akan sangat membantu dalam menentukan langkah pelaksanaan pegeboran selanjutnya, ” ungkap Serda Sumarsono

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah. Cara kerjanya adalah dengan menyuntikkan arus listrik ke dalam tanah untuk kemudian dibacakan alat.


Dikatakannya Danramil 0812/11 kedungpring Kapten Inf Heru di tempat terpisah, mencari sumber titik air ini, untuk membantu kesulitan masyarakat setempat khususnya ketersediaan air bersih terutama saat musim kemarau.

Lanjut Danramil, pada musim kemarau sering terjadi kelangkaan air bersih dengan mencari sumber titik – titik air ini, melalui TNI Manunggal Air dapat membantu kesulitan yang dialami masyarakat.”ucapnya.(Pendim0812)

Reporter : Zainal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"