Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 19 April 2023

SENKOM MITRA POLRI KOTA SEMARANG HADIRI GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT CANDI 2023 DI BALAI KOTA SEMARANG

SEMARANG, SNN.com - Sebanyak 148.261 orang personel gabungan bakal disiagakan buat mendukung Operasi Ketupat Candi Tahun 2023 di Kota Semarang. Senin (17/4/2023).

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, memimpin langsung apel pasukan yang digelar di Jalan Pemuda.

“Ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2023,” ucapnya.

Ita, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa Operasi Ketupat Candi Tahun 2023 bakal digelar selama 14 hari, tepatnya pada 18 April – 1 Mei 223 mendatang. Ratusan ribu personel gabungan itu nantinya bakal disebar ke 2.787 pos pengamanan. Adapun operasi tersebut menjadi wujud sinergi antar stakeholder dalam mengamankan arus mudik dan perayaan Idulfitri.

Dalam amanat yang disampaikan kepada peserta apel, Ita menjelaskan bahwa pada tahun sebelumnya, upaya pengawalan mudik mendapat apresiasi yang positif dari masyarakat. Survei Indikator periode 5-10 Mei 2022 lalu menyebur 73,8 persen masyarakat merasa puas atas upaya pemerintah dalam penanganan arus mudik tahun 2022.

Ita menyebut, capaian itu mesti menjadi pemacu semangat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Semarang serta aparat gabungan dari instansi terkait. Terlebih, pemerintah memperkirakan bahwa jumlah pemudik pada tahun ini bakal mengalami peningkatan hingga lebih dari 44 persen. Tepatnya dari 85,5 juta pemudik di 2022 menjadi 123,8 juta pemudik di tahun 2023.
Kapolrestabes Semarang, Irwan Anwar, menyebut bakal melibatkan personel gabungan itu untuk mendukung Operasi Ketupat Candi Tahun 2023, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sebagai informasi, personel gabungan dikerahkan dari TNI, Polri, petugas Kementerian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Senkom Mitra Polri, Bankom, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, juga mitra keamanan dan ketertiban masyarakat lainnya.


Tak hanya menggelar Operasi Ketupat Candi, pada tahun ini Pemerintah Kota Semarang juga bakal menggelar ibadah salat Id berjamaah di halaman Balai Kota pada momen Idulfitri.

 
Fauzan Ketua Senkom Mitra Polri Kota Semarang, mengatakan berdasarkan undangan dari Polrestabes Semarang Nomor:B/2272/IV/OPS.1.2.3/2023 perihal Permohonan bantuan personel untuk Apel gelar pasukan operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi”OPS KETUPAT CANDI TAHUN 2023″ Yang dilaksanakan selama 14 hari TMT 18 April 2023 sampai dengan 01 Mei 2023 untuk di wilayah hukum Polrestabes Semarang.

“Personel sudah kami jadwal dan insya Alloh siap, dengan Korlap Purnadi dan wakorlap Kusaeri, semoga Alloh paring aman selamat lancar barokah semuanya”, pungkasnya.

 Reporter (SNN.com-H.R.Alex).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"