Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 23 Januari 2024

Pendampingan Vaksin dan Pemberian Vitamin Hewan Ternak terus dilakukan Babinsa Koramil 0812/14 Sukodadi

Lamongan, SNN.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa)  Koramil 0812/14 Sukodadi, Serma Suyatno, turut melaksanakan pendampingan dalam pelaksanan pemeriksaan, pemberian vitamin dan vaksinasi PMK disejumlah kandang di Dusun Mejono Desa Sumberaji Kecamatan Sukodadi guna mencegah terjadinya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Selasa (23/01/2024).

Pemeriksaan, pemberian vitamin dan vaksinasi tersebut dilakukan oleh Dinas Perternakan Kabupaten Lamongan bersama Instansi terkait .

Kepala Pelaksana petugas lapangan, Dr. Akhoiro mengatakan bahwa pihaknya melakukan pemeriksaan,pemberian vitamin dan vaksin yang pelaksanaanya selalu di dampingi oleh Babinsa dan Babinkamtibmas karena wabah pada hewan ternak saat ini benar benar membutuhkan sinergitas yang militan dengab tujuan untuk menekan penyebaran penyakit mulut dan kuku yang menjangkit pada hewan ternak yang di miliki masyarakat.

"Kita membutuhkan sinergi yang kuat agar bisa mencegah terjadinya wabah penyakit mulut dan kuku yang ada di Kabupaten Lamongan" ujarnya.

Sementara itu, Babinsa Serma Suyatno menekankan kepada pemilik hewan ternak agar selalu waspada dan menjaga kebersihan kandang. "Saya menghimbau kepada pemilik hewan ternak agar selalu menjaga kebersihan kandangnya. Apabila ada indikasi hewan ternak terjangkit PMK, pada kesempatan pertama langsung laporkan kepada kami atau kepada dinas terkait. Ini semua demi menekan angka penularan penyakit PMK" ujar Serma Suyatno.

Dirinya juga juga menghimbau kepada warga yang memiliki hewan ternak agar tetap tenang dan jangan panik apabila hewan ternaknya terindikasi wabah PMK.

“Tidak perlu panik, yang paling penting tetap menjaga kebersihan lingkungan kandang hewan ternak. Lakukan karantina, dan koordinasi dengan petugas jika ada hewan yang sakit untuk pengobatan dan wabah ini pasti bisa teratasi" Pungkasnya.(Pendim 0812).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"