Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 16 Mei 2024

Pemanfaatan Lahan Tidur, Kodim 0812/Lamongan Siapkan Pilot Project Pandu (Pangan Terpadu)

Lamongan, SNN.com - Tentara Nasional Indonesia merupakan alat Negara di bidang pertahanan. TNI dituntut dapat melaksanakan tugas tugasnya untuk menjaga keutuhan Wilayah, menjaga kedaulatan Negara dan melindungi segenap tumpah darah Bangsa Indonesia.

Namun, di era modern seperti sekarang, tugas TNI tidak hanya 'sekedar' itu saja. Namun, TNI dituntut untuk selalu berperan aktif membantu Pemerintah dalam mensukseskan program programnya. Tak terkecuali, program Ketahanan Pangan Nasional yang sedang digalakkan oleh Pemerintah.

Melalui sinergi yang kokoh dengan semua Stakeholder, TNI khususnya Kodim 0812/Lamongan terus berupaya untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan tidur milik Kodim 0812/Lamongan di Desa Jotosanur Kecamatan Tikung Kab Lamongan untuk diolah dan sisiapkan menjadi lahan Pandu (Pangan Terpadu) yang berisi tanaman padi,jagung,sorgum dan singkong. Di lahan itu pula terdapat peternakan Sapi dan budidaya berbagai macam ikan seperti Nila dan Lele.

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., bersama segenap Jajaran Danramil dan Perwira Staf serta Babinsa termasuk juga unsur Muspika Kecamatan Tikung melaksanakan penanaman padi untuk membantu mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional di Wilayah Teritorial Kodim 0812/Lamongan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di tanah milik Kodim 0812/Lamongam yang berada di Desa Jotosanur Kecamatan Tikung Kab Lamongan, Kamis(16/05/2024).

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Wira mengatakan bahwa Dirinya beserta Jajaran akan senantiasa mendukung program program Pemerintah.

"Kami akan selalu berupaya untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program program Pemerintah" ujarnya.

Dirinya juga mengemukakan bahwa ketersediaan bahan pangan merupakan syarat mutlak yang dimiliki oleh sebuah Negara. Apalagi Negara besar seperti Indonesia. Dengan adanya Pilot Project Lahan Pandu (Pangan Terpadu) yang dimiliki oleh Kodim 0812/Lamongan, dirinya berharap akan dapat dijadikan contoh oleh Masyarakat.

"Petani memiliki peran yang sangat luar biasa, yang memiliki pekerjaan di bidang pertanian, sebagai penyangga tatanan negara Indonesia.Ketersediaan pangan kita, tergantung kepada Petani Kita. Untuk itu, Kami menghimbau para jajaran Babinsa agar senantiasa pro aktif dalam membantu Petani dengan sepenuh hati" pungkasnya. (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"