Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 16 Mei 2024

Sinergitas Antara Petani Tebu Dengan KTM Sukseskan Giling 2024

LAMONGAN, SNN.com - PT. Kebun Tebu Mas - Mitra Phol adalah Perusahaan PMA ( Penanaman Modal Asing ) yg bergerak di bidang industri gula berbasis tebu. Kehadiran Mitra Phol akan memperkuat Komoditas dalam bisnis gula di Indonesia, mengingat bahwa Mitra Phol adalah Perusahaan yang berasal dari Negara Thailand yg bergerak di bisnis gula dan salah satu perusahaan terkemuka di Asia.

PT. Kebun Tebu Mas ( KTM - Mitr Phol ), perusahaan gula yang berlokasi di Desa Lamongrejo kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan, Selasa (14/05/2024)

Untuk memenuhi aktivitas giling, perusahaan ini mendapat support dari para petani tebu terutama di wilayah Lamongan, Bojonegoro,Tuban dan Gresik dan dari berbagai daerah lain yang bermitra dg perusahaan. Filosofi dari KTM - Mitr Phol adalah mengupayakan kepemimpinan, percaya pada nilai martabat manusia, berdiri teguh dengan keadilan, dan bertanggung jawab atas masyarakat.

Opening Crushing season 2024 bertempat di area Tipper PT. Kebun Tebu Mas Jl. Raya Babat - Jombang KM 25.5 Desa Lamongrejo Ngimbang. Yang di hadiri oleh Camat Ngimbang Bambang Purnomo,A.P., M.M., Camat Sambeng Sukur, S.Pd., M.Pd., Kapolsek Ngimbang Iptu Suroto,S.H.,M.H., Kapolsek Sambeng Iptu Miftahul Choir,S.H., Danramil Ngimbang Kapten Inf Mustoha, Danramil Sambeng Kapten Inf Bekti Suprapto, Padipat Namkhet selalu Plantation Direktor KTM Mitr Phol, Jumnian Sroysen Production  Director, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mohammad Wahyudi, beserta rombongan dari forkopimcam, dan juga undangan dari petani luar daerah.

Dalam sambutan Camat Ngimbang Bambang Purnomo,A.P, M.M, mengatakan, Keterkaitan dengan lingkungan atau limbah industri, kita mohonkan untuk bisa seminim mungkin untuk dampak limbahnya tidak sampai mencemari lingkungan masyarakat, karena saya yakin selama ini dari pihak pabrik sudah berusaha untuk tidak memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan masyarakat. Informasi dan Fibrikasi terkait corporate social responsibility atau CSR, PT. KTM sudah memberikan CSR kepada beberapa desa lingkungan sekitar pabrik, tetapi memang masih ada beberapa desa yang belum terkonfirmasi ke kami, hingga kami mohon bisa di publikasi kan di tahun ini. Syukur syukur nanti CSR nya bisa di tingkatkan bisa lebih luas guna menurunkan angka kemiskinan sesuai target pemerintah kabupaten Lamongan, "ungkapnya.

Wahyu dalam sambutan mengatakan witing Tebu Mas merupakan salah satu dimana pabrik ini sudah masuk kejajaran franformasien. Industri farfoseico yang mana industri ini sangat menunjang terhadap kwalitas Farfocoinco ini adalah kemajuan si bidang industri terkaet dengan monitoring dan pengawasan dari segala aspek industri otomasi di tahun 2024 ini.

Tranformasi enji forfoinco ini bisa membawa KTM dan para petani yang mengirim ke KTM mendapatkan mutu faliasme yang baik terkaet dengan rendemen di mana menejemen PT Tebu Mas menetapkan target rendemen di tahun 2024 ini dan di dukung dengan pradapan mesin industri  yang memadai, berharap bahwa target poin 2 itu bisa mencapai dan semoga bisa di atas 8,poin 2 dan ada sinergitas artinya bahwa harus ada sinerji baik dengan petani dan untuk mendapatkan target poin 2 dan 1,1juta thon ini. 

Saya yakin dengan adanya PT. KTM akan memberikan satu kontribusi program pemerintah  di tahun 2024 bisa di canangkan sebagai tahun Swasembada Gula di Indonesia. Apabila ada persoalan bisa kita bicarakan dan musyawarah sesuai adat orang Jawa dengan kepala dingin dan tenang.
Selanjutnya acara di mulai dengan pemukulan Gong oleh Camat Ngimbang beserta Forkopimcam dan staf KTM tanda di buka Masa Giling 2024 PT.Kebun Tebu Mas.  seremonial Pemasukan Tebu dalam rel mesin Penggilingan.

Ada yang menarik di acara Crushing Season 2024 ini, yakni pameran beberapa stand produk UMKM Lamongan, beberapa unggulan yg di pamerkan ada rengginang, krupuk kulit ikan,krupuk tulang ikan, es tebu, gula produk KTM dg standar Nasional bersih dan putih dengan butiran kristal halus, minuman kunyit asam dan lain - lain.

Presiden Direktur Khun Thian Sa,at  di wawancarai Media melalui translit mengatakan "bahwa Management Mitr Phol, berharap adanya kolaborasi bersama saling menguntungkan antara pihak perusahaan dengan petani dan masyarakat sekitar. Yang paling penting di sini selain kita memproduksi gula, kami menjaga agar informen town inpacknya itu bisa terjaga. Tidak hanya memproduksi tapi juga menjaga agar masyarakat bisa sejahtera, dan itu bisa di ciptakan oleh perusahaan, petani dan masyarakat sekitar. Dan fokus utama operasional tander farm adalah Kwalitas. Karena itu adalah Ringger utama kita untuk maju.

Dalam pers rilis ke tiga Narasumber yaitu  Hendri Out farm,Wahyu faktori dan Wendy Qiusi faktori menjelaskan bahwa Menejemen KTM dari sisi out farm bagaimana memasok tebu sesuai kemasakan dan kwalitas kebersian yang di harapkan,

Sebagaimana Pabrik KTM cuma bisa menggiling tebu dan memproses menjadi gula jadi rendemen di tentukan oleh kwalitas dan kemasakan tebu,pasokan tebu berasal dari wilayah Lamongan,Tuban,Gresik dan Bojonegoro kita menerapkan perjanjian harga tebu  dengan kwalitas terbaik dan KTM cuma menyediakan bibit dengan varietas HR 16 yang lagi di perebutkan oleh petani, "pungkasnya. (Joko Tatung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"