Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Senin, 05 Juli 2021

MUI, DMI, BSJ Adakan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban Sesuai Syariat Islam


Kutai Barat, SNN.com - Menjelang hari raya Idul Adha 1442H Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kutai Barat (Kubar) bekerjasama dengan Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya (BSJ) Kubar adakan pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban 1442H/2021 M di Aula Kantor MUI Kubar Minggu (04/07/2021).

Diselenggarakannya pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara menyembelih hewan yang benar sesuai syariat Islam. Pelatihan tersebut di ikuti 124 peserta terdiri 7 kecamatan yakni Melak, Barong Tongkok, Sekolaq Darat, Linggang Bigung, Tering, Long Iram dan Damai setiap masjid/Musholla dan Langgar mengirim utusannya maksimal 5 orang.

Pelatihan ini bukan sekadar teori namun disertai dengan praktik di lapangan yakni dengan memotong langsung hewan (Sapi). Praktik penyembelihan hewan qurban di pimpin ustadz Khusyaiful ketua NU. Sedangkan bertindak sebagai juru sembelih (Juleha) Suparlan yang juga ketua koperasi Berkah Salama Jaya (BSJ). disaksikan ketua MUI Ahmad Asrori dan ratusan peserta pelatihan Penyembelihan Hewan qurban.

Ketua MUI Kubar mengatakan, syarat penyembelihan hewan qurban diutamakan mengikuti syariat agama Islam dari cara merebahkan hewan, cara menyembelih maupun bacaan yang di wajibkan berdasarkan ajaran Islam.

"Tata cara menyembelih hewan baik untuk qurban ataupun lainnya yang dipastikan itu pertama hewannya masih hidup, alat (Pisau) untuk menyembelih harus tajam serta bacaan yang benar sesuai dengan ajaran Islam,"ujar Asrori.


Lebih lanjut. Kegiatan pelatihan Penyembelihan hewan qurban ini baru kali pertama dilaksanakan di Kutai Barat dan akan kita kembangkan terus menerus dalam rangka memberikan pendidikan bagaimana cara menyembelih hewan yang benar,"sambung ketua MUI.


Sementara. Ketua koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Suparlan menyebutkan. Pihaknya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini dan semoga hal-hal positif ini bisa terus di galakkan kedepannya dalam rangka memberikan pendidikan khususnya di bidang penyembelihan hewan yang benar.

"Kami sangat menyambut baik atas terselenggaranya pelatihan ini dan kita upayakan kedepannya bisa menghadirkan lebih banyak lagi para penyembelih hewan yang benar-benar mengerti dan paham,"pungkas Suparlan.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"