Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 15 Juli 2021

Sesuai SE.Bupati Probolinggo, Sholat idul Adha 1442 H dan Takbir Keliling Ditiadakan


Probolinggo, SNN.com - Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Probolinggo Nomor : 451/472/426.33/2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 di tempat ibadah dan pertunjuk pelaksanaan malam takbiran, shalat hari raya Idul Adha dan petunjuk teknis pelaksanaan kurban, Maka kegiatan salat Idul Adha pada Selasa (20/7/2021) mendatang ditiadakan. Semua itu dilakukan karena masih diberlakuannya pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. Satgas Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo juga mengatur pemotongan hewan kurban.

Melalui sambungan selulernya, Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan semua harus dilakukan sesuai dengan syariat islam. dan saat penyembelihan hewan kurban selama tiga hari dengan waktu hingga 4-5 jam. Kamis(15/07/2021).

“Pemotongan hewan kurban harus di RPH-R (Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia), tapi tetap dengan pertimbangan jumlah kapasitas tentunya dan jumlah orang yang hadir juga. Tapi boleh juga dilakukan di luar RPH,”jelasnya.

Lanjut Ugas, Pemotongan hewan kurban boleh dilaksanakan di luar RPH-R.namun tetap sesuai dengan ketentuan yang ada, salahsatunya dalam  penerapan jaga jarak fisik. seperti halnya pemotongan hewan kurban dilakukan diarea terbuka dan luas, dan melarang kehadiran pihak-pihak selain petugas.

“Dalam pendistribusian daging hewan kurban, petugas wajib memakai masker dan sarung tangan guna untuk meminimalisir kontak fisik dengan warga penerima. intinya harus sesuai dengan protokol kesehatan, "Jelas Ugas.


Menurutnya, semua ini dilakukan karena dalam beberapa hari terakhir angka pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo sangat tinggi. Maka pihaknya juga harus mengantisipasi adanya lonjakan pasien, tentunya untuk menghindari klaster baru.

"Nantinya, untuk memantau seluruh pelaksanaan SE, baik di malam takbiran, waktu penyembelihan hewan kurban ataupun waktu salat Idul Adha.maka, Satgas Percepatan Covid-19 di Kabupaten Probolinggo bersama satgas kecamatan dan desa akan turun kelapangan, " Pungkasnya.

Reporter : Sholeh
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"