Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 09 Maret 2022

Aisyiyah Blora Pelayanan Kesehatan Gratis dan Pemberian Bantuan Sosial


Blora, SNN.com - Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menghadiri Pelaksanaan Penilaian Penggerakan dan Bhakti Sosial Pelayanan KB Aisyiyah tingkat Provinsi Jawa tengah di Kampus Terpadu STAI/STKIP Muhammadiyah Blora, Rabu (09/03/2022). 

Dalam penilaian ini Bupati sadir dengan didampingi, Sekretaris Dalduk KB, Kepala Dinas Kesehatan, dan Dirut RS PKU Muhammadiyah Blora. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga melihat langsung pelaksanaan pelayanan KB, Pelayanan Kesehatan Gratis dan pemberian bantuan sosial.

Bupati Arief Rohman pun mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan bhakti sosial pelayanan KB yang dilaksanakan oleh Aisyiyah Blora. 

“Peran Muhammadyah dan Aisyiyah di Blora sangat luar bisa, kontribusi dalam bidang kesehatan dan kemanfaatan untuk masyarakat sudah dirasakan,” ungkap Arief Rohman. 

Bupati menjelaskan bahwa bentuk kepedulian pemerintah terhadap peningkatan Kualitas Penduduk difokuskan pada Program Bangga Kencana, melalui Pengendalian Kelahiran, memperkecil angka kematian, peningkatan kualitas dan kuantitas Program Bangga Kencana.

"Untuk mendukung kebijaksanaan tersebut diperlukan 4 elemen utama yaitu Pendewasaan Usia Perkawinan,Pengaturan Kelahiran,Peningkatan Ketahanan Keluarga; dan
Peningkatan Kesejahteraan Keluarga, " jelas Bupati.

Oleh karena itu lanjut Bupati, menyadari ancaman terjadinya masalah peledakan penduduk yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, maka Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana harus mendapatkan perhatian bersama.

"Program Bangga Kencana bukan hanya dimaksudkan untuk mengatur jumlah anak semata, tetapi lebih dari itu, mewujudkan keluarga sakinah melalui perwujudan Keluarga Kecil yang Bahagia dan Sejahtera, " imbuhnya. 


Selain itu, lanjut Bupati permasalahan stunting yang masih menjadi permasalahan bersama diharapkan Aisyiyah dapat berperan dalam upaya menurunkan angka stunting, karena upaya penurunan angka stunting adalah tugas kita bersama.

"Mari kita tingkatkan kerjasama, kekompakan agar semua program di Kabupaten Blora bisa dilaksanakan dengan baik, " pungkasnya. 

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA)Blora  Hj Siti Sofiyati Anas Blora mengatakan Pelayanan KB dan bakti sosial, terlaksana dalam rangka adanya penilaian dari Tim Kabupaten Blora, evaluasi penggerakan dan pelayanan keluarga berencana (KB). Selama ini kemitraan Aisyiyah Blora dengan Pemerintah dalam pelayanan KB, sudah terjalin selama ini ke depan diharapkan akan semakin baik lagi terutama dalam perluasan jejaring dan optimalisasi pelayanan KB di Faskes yang menjadi milik persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah.

“Bukan hanya pelayanan KB kepada masyarakat, tetapi juga kami berikan 60 paket sembako kepada peserta KB dan juga pengobatan gratis,” jelasnya.

Menurutnya rangkaian kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka mensukseskan Muktamar Muhammadyah dan Aisyiyah 2022 dan Milad Aisyiyah ke-108. Juga diadakan bazar produk olahan yang dibuat oleh Pengurus PCA se-Kabupaten Blora. Pada kesempatan tersebut, Ketua PDA Blora memaparkan proges kegiatan yang dilaksankaan dihadapan tim penilai yang berasal dari Dinas Pengendalian Pendudukan dan BKKBN, PKK Kabupaten Blora. Adapun dari PWA JAteng, Dr Masiyah dan dr Sri Rejeki.

Reporter : Lukman
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"