Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 15 Maret 2022

Mendekatkan Pelayanan, DPMPTSP Jatim Gelar Roadshow Perizinan


Lamongan, SNN.com - Memberikan rasa aman dan ketenangan bagi nelayan dalam melakukan tangkapan ikan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur  menggelar Roadshow Pelayanan Perizinan di Daerah pada Selasa, (15/3). Roadshow yang berlangsung selama 3 hari tersebut dilakukan di Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, tepatnya di Pelabuhan Perikanan Nusantara.

Terdapat 6 pelayanan yang dialokasikan meliputi izin perikanan, izin penangkapan perikanan, dll. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2021 tentang Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia dan Laut Lepas serta Penataan Andon Penangkapan Ikan.

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Mengingat sebagian besar potensi Lamongan dihasilkan dari hasil laut, maka kegiatan Roadshow Pelayanan Perizinan di Daerah akan sangat memberikan manfaat bagi para nelayan disana.

"Saya atas nama nelayan di Kabupaten Lamongan khususnya daerah Brondong mengucapkan terimakasih kepada DPMPTSP Jatim atas segala upayanya mendekatkan pelayanan perizinan bagi kita semua dan yang paling penting semua itu tidak dipungut biaya alias gratis," ungkap Pak Yes.

Pak Yes berharap dengan adanya pelayanan yang telah diberikan akan membantu menaikkan perekonomian para nelayan,  menilik kondisi pemasaran ikan yang sedang tidak stabil di Lamongan.

"Saya berharap semua nelayan bisa menangkap ikan dengan yakin dan tenang, karena sudah punya surat izin yang sah. Dengan mencari ikan lebih tenang pasti hasil yang didapatkan lebih banyak,"  harap Pak Yes.

Perizinan-perizinan yang diberikan akan dapat dipergunakan untuk mendapat akses bekerja sama dengan Bank Jatim, yang mana bisa memembantu memberikan dana modal untuk usaha kecil yang dilakukan.


Berkesempatan hadir pada Kegiatan Roadshow Pelayanan Perizinan di Daerah Kepala Dinas PMPTSP Jawa Timur Aris Mukiyono mengatakan bahwa kegiatan tersebut sudah berlangsung 5 kali. Beliau juga mengatakan bahwa pengajuan perizinan tidak hanya berlaku secara langsung melainkan bisa dilakukan secara online.

"Kami hadir untuk mendekatkan diri kepada masyarakat memberikan pelayanan. Mengingat waktu yang dimiliki nelayanan di pesisir sangat terbatas karena kegiatan melaut. Pelayanan bisa dilakukan secara online, bila berhalangan hadir," tutur Aris.

Pelayanan dan fasilitas akan menjadi solusi untuk kegiatan mencari ikan di Brondong, karena di Pelabuhan Perikanan Nusantara terdapat 400 unit kapal dan 90% kapal belum memiliki perizinan. 

"Kegiatan ini menjadi solusi untuk awak kapal mendapatkan alat tangkap ikan yang sudah diperbolehkan", ungkap Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamongan Ibrahim.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"