Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Selasa, 19 Juli 2022

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Lamongan Gelar Pekan Lingkungan Hidup


Lamongan, SNN.com - Setelah vakum dua tahun , Selasa (19/7), Lamongan Green and Clean (LGC) hadir kembali di tengah-tengah masyarakat Lamongan. Bertempat di halaman Gedung Sport Center Lamongan LGC 2022 sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Lamongan yang ke 453 dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup  Nasional 2022, LGC menghadirkan pekan lingkungan hidup serta pasar rakyat yang di ikuti lebih dari 50 tenan, dari lembaga sekolah, desa dan kelurahan juga pelaku UMKM.

Lamongan Green and Clean (LGC) merupakan program yang bergerak dibidang lingkungan dengan berbasis pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang hijau, bersih dan bebas sampah. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, menyampaikan pengelolaan suatu lingkungan akan membentuk ekosistem yang sehat, bukan hanya kesehatan jiwa dan lingkungan akan tetapi juga perekonomian yang sehat.

Lebih lanjut, Pak Yes menuturkan, momentum tersebut agar  dijadikan motivasi untuk terus memperbaiki lingkungan. "Kita jadikan sebagai motivasi kita semua untuk terus memperbaiki lingkungan kita, memperbaiki ekosistem lingkungan hidup bagi keseluruhan umat manusia," ajak Pak Yes

Pada kesempatan tersebut, Pak Yes juga memberikan apresiasi  kepada penerima penghargaan lingkungan tahun 2022 antara lain ketagori  Sekolah Adiwiyata, Program LGC Community Center,  LGC RT Kencana, LGC RT Mandiri, LGC RT Maju, LGC RT Berkembang, LGC RT Perintis, dan TOP 10 Jeding Resik. Pak Yes berharap   RT yang menerima penghargaan untuk terus melanjutkan kebersihan lingkungannya. 

"Terus dilanjutkan dalam kondisi apapun dalam lingkungan ini, karena lingkungan ini bener bener penting. Sangat naif sekali apabila kita yang dianugerahi alam dan lingkungan ini, tidak kita kelola dengan baik untuk kesejahteraan lingkungan kita semuanya," imbuh Pak Yes. 
Terhadap sekolah yang menerima penghargaan adiwiyata, Pak Yes mengingatkan Adiwiyata bukan final namun sebagai investasi bagi lingkungan hidup.
 
“Sekolah-sekolah Adiwiyata, kita harus mengajari anak-anak kita untuk terus mencintai dan memperbaiki lingkungannya. Adiwiyata bukan hasil yang final, untuk mendapatkan penghargaan tapi lebih dari itu, jadikan Adiwiyata ini sebagai investasi bagi lingkungan hidup kita," kata Pak Yes.

Pada kesempatan tersebut Bupati Yuhronurn Effendi juga memberangkatan armada truk yang akan melakukan penertiban sampah liar di wilayah Kabupaten Lamongan. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan Anang taufik menuturkan, penanganan sampah liar di wilayah Kabupaten Lamongan dalam lima hari ke depan akan dilakukan penertiban sampah yang mencakup kurang lebih 60 titik.

"Walaupun sudah secara rutin kita sudah melakukan ini (penertiban sampah), tetapi selama 5 hari ini kami akan totalitas karena kemarin kita hitung TPS liar di 27 kecamatan hampir ada 60 titik terutama di pinggir jalan," ujar Anang. 

Anang menambahkan, masih dalam rangakaian peringatan Hari jadi Lamongan ke 453 dan Hari Lingkungan Hidup tahun 2022, diselenggarakan berbagai lomba yang intinya untuk kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya lomba Jeding Resik di lingkup instansi Pemerintah Kabupaten Lamongan. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"