Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 17 Juli 2022

UPJA Maju Mapan Dorong 100% Panen Padi Guna kesejahteran Petani Blora

Panen Raya UPJA Maju Mapan kelurahan Tambakromo Bersama UGM dan Forkompincam Cepu kabupaten Blora

Blora, SNN.com - Blora Gelar peresmiaan pompa Irigasi air Bengawan solo Dan Panen Raya padi  Tepatnya di Kelurahan Tambakromo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Propinsi Jawa Tengah.

UPJA adalah singkatan dari Usaha Pelayanan Jasa Alsintan, UPJA merupakan sebuah lembaga ekonomi di pedesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa dalam rangka optimalisasi penggunaan alsintan guna memperoleh keuntungan usaha.

Acara ini digelar dengan tujuan tindak lanjut pengembangan Inovasi Kolaborasi (RIPK) antara balai besar pengembangan mekanisasi pertanian (BBP Mektan) dengan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta untuk pengembangan petani modern padi pada lahan sawah tadah hujan seluas 150 hektar.Kata ketua UPJA Maju Mapan Kelurahan Tambakromo Lulus Suharyono SE ketika dikonfirmasi Sabtu (16/7/2022).

Dia sampaikan bahwa UPJA Maju Mapan dengan luas lahan area sejahtera 45 Hektar hingga luas area berkembang menjadi menjadi 70 hektar saat ini. panen padi sementara baru menginjak  50% dengan area sawah seluas 45 Hektar, sudah merupakan keberhasilan yang bagus sekali dibandingkan kondisi lainnya. Kami memiliki Target sampai 100%. Hasil panen padi dikemudian.

"Dirinya katakan Target kami untuk tahun depan bertahap menjadi 70% dan lalu tahun depanya kita selalu berupaya menjadi 100% dari target," ucapnya 

Bersamaan Kiki Heruwati, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kecamatan Cepu Ketika ditanya wartawan media ini pihaknya katakan bahwa kami sangat berterimakasih banyak kepada kementerian pertanian melalui balai besar pengembangan mekanisasi pertanian (BBP Mektan) yang telah memberikan bantuan kepada UPJA Maju Mapan ini


Budiman, S.STP. MM Camat Cepu Menyampaikan dalam sambutanya bahwa pihaknya berterimakasih Banyak kepada pihak Kementrian pertanian melalui balai besar pengembangan mekanisasi pertanian (BBP Mektan) dengan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta untuk pengembangan petani modern padi.

Bahwa pihak pertanian nantinya mohon arannya masukkanya agar kedepan lebih baik lagi dari sekarang, tentunya kemajuan pertanian ini untuk kesejahteraan masyarakat khususnya Perani

Selanjutnya petani bersemangat dari ilmu ilmu serta inovasi-Inovasi yang sudah diberikan kepada petani Cepu, "paparnya.

Dalam suasana tersebut akhir penutup dari sambutannya Budiman mengajak petani Tambakromo ber-slogan kabupaten Blora dan di ikuti petani secara aklamasi ," Sesarangan,' petani pun menjawab ," mbangun Bloro," dan dilanjutkan Slogan Kedua ,"Kecamatan Cepu," jawab Petani dengan nada bersamaan ," Rahayu," riuhnya.

Sementara itu Prof.Ir. Eni Hamayati M.Sc Dekan UGM ketika dikonfirmasi mengatakan kami sangat mendukung untuk program program peningkatan produktifitas pangan khususnya di wilayah kecamatan Cepu kabupaten Blora. Dan Fakultas Teknologi Pertanian Dalam hal ini menerjunkan mahasiswa S3 untuk membantu program ini agar terlaksana dengan baik.

pihaknya Mengatakan karena air sangat vital guna keberlangsungan pertanian oleh karena itu memang Irigasi ini Menjadi sangat penting dibutuhkan, namun demikian juga untuk dipikirkan bersama, "Ucapnya.

Dia katakan karena ini perlu dikelola dengan baik pada dinas pertanin kabupaten Blora, kelompok tani, harus ada keterpaduan semua pihak dalam mendukung program ini secara menyeluruh, "Pungkasnya

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"