Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 28 Juli 2022

Sehat dan Kuat, Transformasi Koperasi Berkelanjutan


Lamongan, SNN.com - Pandemi covid-19 berImpact diberbagai sektor terutama dibidang perkonomian. Dua tahun Pemerintah Kabupaten Lamongan terus berupaya menangani pandemi covid-19, termasuk di koperasi dan UMKM. Upaya ini membuahkan hasil pada pertumbuhan ekonomi yang awalnya turun -2,65%, saat ini telah reborn menjadi 3,43%.

Tentu ini berkat gerakan dari berbagai pihak, terutama gerakan koperasi di Kabupaten Lamongan. Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pada sambutannya di Peringatan Hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022, Kamis (28/7), di Gedung Sport Center Lamongan (SCL).

"Koperasi ini adalah yang paling dekat dengan UMKM dan perekonomian masyarakat di sektor yang paling bawah. Untuk itu mari terus kita kembangkan, untuk menjadi koperasi yang sehat dan kuat,"tutur Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan

Sejalan dengan tema yang di usung pada peringatan Koperasi yang ke-75 yaitu "Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan", kata Pak Yes, ini menggambarkan tantangan koperasi kedepan yang semakin tinggi. 

"Transformasi ini artinya kita change atau kita ubah dari koperasi model lama menjadi koperasi modern atau model baru, ini tentu yang lebih dekat dengan kembangan teknologi, lebih akuntabel, dan lebih transparan," kata Pak Yes

Selain itu, dalam upaya Pemerintah Kabupaten Lamongan memfasilitasi akses permodalan yang seluas-luasnyauntuk koperasi, Pak Yes menegaskan, tidak adanya lagi alasan koperasi tidak berkembang karena modal.

"KUR semakin lama semakin murah 3%, paling mahal 6% kalau mahal dikurangjn. Ini agar koperasi semakin dekat dengan akses permodalan, juga kita melakukan pendampingan dan inovasi-inovasi yang berbasis informasi. Tidak ada lagi koperasi yang catatannya tidak jelas, dan tidak tahu dimana keberadaannya, ini model koperasi lama," tegas Pak Yes

1349 Koperasi di Kabupaten Lamongan, diharapkan dapat terus tumbuh dan berkembang secara sehat, akuntabel, dan transparan. Selain itu, koperasi diharapkan dapat terus tumbuh dari tahun ke tahun.
 
"Mudah-mudahan tantangan kita ke depan untuk mewujudkan koperasi yang semakin kuat dan sehat, akan kita bisa wujudkan bersama-sama untuk kejayaan Kabupaten Lamongan," harap Pak Yes

Menurut, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan Agus Suyanto, perkembangan koperasi dan usaha mikro di Kabupaten Lamongan, berdasarkan badan usaha yang berbentuk koperasi saat ini di  jumlahnya sebanyak 1349 koperasi, yang terdiri dari koperasi simpan pinjam, koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi pemasaran, dan koperasi jasa. 

"Kalau dirinci, koperasi aktifnya sejumlah 1.103. Dan saat ini jumlah anggotanya sebanyak 113.580 anggota. sedangkan koperasi yang memiliki sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) sebanyak 744 koperasi. Tapi kalau koperasi yang memiliki, Nomor induk Berusaha (NIB) berbasis resiko sebanyak 250 koperasi.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, jumlah UMKM yang terdaftar di Kabupaten Lamongan saat ini berkisar 254.000. Yang memiliki nomor induk usaha beresiko sebanyak 7913 UMKM. 

"Hal ini sangat penting karena dengan adanya nomor induk usaha pelaku usaha mikro dapat mempunyak kemudahan modal usaha dari perbankan. Di tahun kemarin saja, UMKM yang mempunyai fasilitas KUR ini sebanyak 64.000 UMKM. Nilai total yang diberikan perbankan sebanyak 1,8 Trilyun di Kabupaten Lamongan," tambah Agus

Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Lamongan menciptakan koperasi yang continuble dan substinable yang diminati oleh generasi muda. Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatangan pernyataan komitmen dalam mendukung gerakan #ayoberkoperasi yang dilakukan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Kapala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan Agus Suyanto dengan para Ketua pengurus kepemudaan Ansor kabupaten Lamongan-Muh. Mansur, Ketua pengurus daerah pemuda Muhammadiyah Lamongan-Moh. Anang Nafi Uzaki, Ketua pemuda LDII Lamongan-Alkhayawan Nurhuda, dan Sekertaris Umum DPD KNPI Kabupaten Lamongan-Afan Alfian.

Reporter : Zainal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"