Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 29 Agustus 2022

Bertepatan 100 Tahun PSHT. Ada 210 Orang Mendapat Pengesahan Warga Tingkat 1 Bertajuk : Jaya 1 Abad Bersama Menjaga Keutuhan NKRI


Kutai Barat, SNN.com – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun cabang Kutai Barat (Kubar) kembali menggelar acara Pengesahan Warga Tingkat 1 (Satu) Tahun 1444/2022 sebanyak 210 orang bertema : Jaya 1 Abad Bersama Menjaga Keutuhan NKRI berlangsung di Gedung PKK Kabupaten Kutai Barat di Kecamatan Barong Tongkok Sabtu (27/08/2022) malam.

Dengan bertambahnya anggota baru PSHT 210 orang, maka PSHT di Kubar kini mencapai 2000 orang. “Malam ini kita resmikan 210 orang. Yang terdiri dari 28 orang dari Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) sedangkan sisanya semua dari Kutai Barat, ”ujar Plt Ketua PSHT Cabang Kubar, Nanang Ari Saputra.

Peresmian warga baru PSHT tingkat 1 pada tahun ini sangat spesial sebab bertepatan dengan peringatan 1 abad PSHT di Indonesia.
Keberadaan PSHT di Kutai Barat rupanya sangat diterima semua kalangan sehingga menjadi ketertarikan masyarakat ingin bergabung di dalam organisasi tersebut.

Ia menambahkan, PSHT juga menaungi cabang olahraga Pencak Silat ini karena bersipat terbuka untuk umum.

“Tidak ada syarat khusus untuk bergabung ke PSHT. Yang jelas seluruh warga Indonesia, dari suku apapun, agama apapun, kita tidak memandang itu. Jadi semua bisa bergabung menjadi anggota PSHT. Selain itu anggota yang bergabung juga tidak dikenakan biaya kecuali saat kenaikan sabuk, paling biaya administrasi, ”Sambungnya.

Dikesempatan yang sama. Ketua Perwakilan PSHT Pusat Madiun Wilayah Kaltim H. Sumijo Hadi Wijoyo, menyebutkan, organisasi dan perguruan pencak silat memang ada di mana-mana, tetapi PSHT tetap satu.

“PSHT Pusat Madiun ini berdiri sejak 1922 dan tetap satu. Memang ada yang tandingan itu adanya di Jakarta dan Jogja. Karena mereka ngotot mau jadi ketua umum. PSHT pusat Madiun sudah memiliki jutaan anggota diseluruh Indonesia. Jadi sampai saat ini ada 354 cabang di seluruh Indonesia.
Kemudian pada tahun ini yang baru disahkan 130.000 orang, ”Jelas Sumijo.


Bupati Kutai Barat Fx Yapan dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Gamas Laden menyebutkan, bahwa Pemerintah Kutai Barat sangat mengapresiasi kehadiran organisasi PSHT di daerah. Tak hanya itu. Bupati Kubar juga berharap PSHT agar terus tetap menjaga persatuan dan kesatuan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Dengan adanya persatuan dan kesatuan otomatis bisa menjaga stabilitas keamanan di Kubar. Bagi pemerintah, PSHT adalah organisasi yang mampu menciptakan generasi muda yang berprestasi. Karena kita tahu PSHT ini didalamnya ada cabang pencak silat. Sehingga kita harapkan kedepannya, PSHT bisa menghasilkan bibit-bibit atlet terbaik, ”Tutup Bupati Kubar Fx Yapan.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"