Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 28 Agustus 2022

Spektakuler, Ribuan Anak TK/PAUD Hadiri Penutupan Festival Gemar Makan Ikan (GEMARI) di Wisata Bulaga Pucakwangi


Lamongan, SNN.com - Konvergensi dalam rangka pencegahan stunting di Kabupaten Lamongan terus diupayakan, salahsatunya dengan menyelenggarakan Festival Gemar Makan Ikan (Gemari) yang di prakarsai oleh Asosiasi Kepala Desa se - Kecamatan Babat dan selenggarakan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM) Se Kecamatan Babat dan di dukung oleh TPPI kecamatan Babat.

Bertempat di Destinasi Wisata Bulaga (Bukit, Telaga dan Gua) di Desa Pucakwangi Babat, Festival Gemari yang telah digelar sejak tanggal 25-27 Agustus ini  dihadiri ribuan anak TK/PAUD, Kader Posyandu serta PKK se Kecamatan Babat.

Kegiatan yang di mulai hari Kamis 25 Agustus 2022 di buka oleh Camat Babat Johny Indrianto F, S.STP, M.Si di isi dengan berbagai macam perlombaan tingkat TK/Paud dan kader posyandu dan PKK dan pameran UMKM se Kecamatan Babat.

Sedangkan di hari penutupan, ribuan anak TK/Paud, kader posyandu dan PKK mengikuti acara yang di hadiri langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang akrab di panggil pak Yes, Sabtu (27/8/2022).


Acara yang di mulai dengan jalan santai diikuti ribuan anak TK/Paud di berangkatkan oleh camat Babat, dan dilanjutkan dengan senam Gemari semua peserta. Sambil menunggu kehadiran Bupati Lamongan, peserta di suguhi berbagai tari dan badut dan makan bersama.

Bupati Lamongan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan festival gemari ini sangat positif karena dapat meningkatkan kegemaran masyarakat dalam mengonsumsi ikan. 

Menurutnya, dengan gemar makan ikan dapat mencegah terjadinya stunting dalam masa pertumbuhan. 


"Kenapa harus gemar makan ikan yakni salah satunya untuk mencegah stunting dan menjaga kesehatan masa pertumbuhan anak. Lamongan ini merupakan penghasil ikan budidaya dan tangkap terbesar di Jatim. Sungguh sayang bila ini tidak bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk itu saya mengucapkan apresiasi kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kecamatan Babat yang memiliki inisiasi untuk festival gemari ini," ucap Pak Yes. 


Untuk itu, Pak Yes meminta setelah terselenggarakannya festival ini, Sosialisasi pencegahan stunting segera di lakukan kepada masyarakat di desa-desa. 

"Stunting menjadi tanggungjawab kita bersama, tidak hanya pemerintah, pak camat tapi semua memiliki peran besar terhadap penurunan angka stunting. Saya yakin kegiatan ini memiliki manfaat besar sebagai upaya sosialisasi penurunan stunting dan gemar makan ikan di Lamongan," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pak Yes juga menyerahkan langsung piala lomba kepada pemenang lomba mewarnai, tahfidz, PMBA, Senam Gemari dan Kreasi masakan Gemari dan juga menyerahkan secara simbolis BPJS kesehatan program unggulan Home Care Service kepada warga Desa Pucakwangi.


Ketua Asosiasi Kepala Desa Kecamatan Babat, Supaat yang hadir di puncak kegiatan Gemari mengatakan, sangat mengapresisi kinerja teman teman Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kecamatan Babat yang di bantu oleh Pendamping Desa kecamatan Babat sehingga acara ini bisa sukses dan meriah.

Abah Paat panggilan akrab ketua AKD Kecamatan Babat mengharapkan, kegiatan festival ini bisa rutin di laksanakan tiap tahun. dan di lakukan bergiliran dari desa ke desa sehingga ada pemerataan kegiatan antar desa se Kecamatan Babat, "pungkasnya.

Setelah acara, Pak Yes meninjau pameran UMKM yang di ikuti 23 Desa se kecamatan Babat dengan berbagai produk hasil karya masyarakat desa setempat.

"Desa desa se kecamatan babat sangat luar biasa kompak dalam acara ini, "pungkasnya. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"