Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 25 Agustus 2022

Pengurus Persekutuan Guru Pendidikan Agama Kristen Kepulauan Aru Dikukuhkan


Kepulauan Aru, SNN.com - Pengurus Persekutuan Guru Pendidikan Agama Kristen Kabupaten Kepulauan Aru periode 2022-2025 dikukuhkan. Acara  pengukuhan difokuskan di Lantai II Kantor BPKAD, Rabu (25/8/2022) dan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Aru, Mungkin Sogalrey.

Turut hadir, Kepala Kementerian Agama H.M. Hanafi Rumatiga beserta staf dan Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan, Yusuf Apalem, serta Sekertaris Klasis Pulau-pulau Aru, Pdt. M .Kwosoa.

Wakil Bupati, Muin Sogalrey dalam sambutannya menyampaikan Selamat dan sukses kepada Pengurus Persekutuan Guru Penddidikan Agama Kristen Kabupaten Kepulauan Aru yang baru di lantik. 

"Sukses dalam menggapai harapan yang mulia, demi merajut kebersamaan membangun kemandirian bangsa menuju Indonesia maju, tangguh, dan kuat," ucap Sogalrey.

Lanjut kata  Sogelrey, pembentukan organisasi ini diharapkan dapat menjawab seluruh progress dan proses dengan meletakkan dasar perencanaan penyelenggaraan pendidikan secara nasional yang merupakan dokumen primer yang strategis demi pengembangan pendidikan berkelanjutan. 

"Nah, Sebagai salah satu wadah formal saya berharap wadah ini dapat memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk pendidikan itu bertumbuh dan berkarakter demi mempersiapkan generasi muda bangsa menghadapi kehidupan masa depan, tetapi juga kehidupan dalam kebersamaan dengan Allah, yang berlandaskan pada Fiman Tuhan sebagai sumber keselamatan, kebenaran, hikmat dan pengetahuan, sehingga tidak hanya berorientasi pada pendidikan sekuler yang hanya berfokus pada kehidupan masa kini, dengan mengedepankan teori kesuksesan, kompetisi, dan kemakmuran," ujarnya 


Kepada pengurus yang baru dilantik, Sogalrey berharap wadah ini mesti hadir sebagai jawaban gereja terhadap persoalan berbangsa dan bernegara serta gereja secara khusus, dimana Pendidkan Agama Kristen terus melakukan revisi dan perubahan terhadap penetapan kebijakan kualitatif demi mendorong tumbuh kembang mutu pendidikan yang handal demi mempersiapkan anak bangsa yang berprestasi, bermoral dan berhaklak mulia. 

Karena sesungguhnya berbicara soal pendidikan bukan sebuah wacana kosong tetapi mendorong perbaikan system penerapan pembelajaran yang berbasis materi, penelitian, presentasi dan rencana tindak lanjut tersistem dalam perangkat pembelajaran yang relevan dengan konteks pendidikan dimasa milenial dan era digitalisasi, sambil memperhatikan kekuatan dan kelemahan yang mesti disinergikan memanfaatkan daya dorong partisipasi aktif pelaku pendidikan Kristen, sambil membangun kemitraan dengan pemerintah sebagai mitra dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan kita secara bersama

"Teruslah membangun kemitraan dengan berbagai pihak, terutama Pemerintah Kabupaten kepulauan Aru, demi upaya bersama melihat kepentingan yang mesti kita kerjakan bersama. Jangan malas, teruslah mengajar sambil belajar, dan bereksperimen agar kita akan menjadi generasi yang tangguh, generasi terpelajar, siap membangun bangsa dan negara terutama Kabupaten Kepulauan Aru dimasa yang akan datang," harap Sogalrey.

Sementara Kepala kantor Agama  kabupaten Kepulauan Aru H.M. Hanafi Rumatiga dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas semangat yang luar biasa dari teman-teman guru agama Kristen. 


Kata dia, ada dua hal yang menurut perlu dipahami dan dilaksanakan oleh para guru untuk agama Kristen dalam rangka menghadapi perkembangan zaman ini.  
Pertama adalah perkembangan teknologi, yang mau tak mau para guru harus mengikuti kondisi seperti ini karena berbagai macam instrumen pendidikan, semua perangkat pembelajaran sudah bersifat teknologi, akan berpengaruh pada proses pembelajaran. 

Kedua adalah masalah bahasa. kalau seseorang tidak mampu menguasai bahasa apalagi guru Pendidikan Agama pendidikan itu, semua akan kita dapatkan apabila kalau kita menguasai bahasa. 

"Mudah-mudahan kehadiran dengan dikukuhkan
Pengurus Persekutuan Guru Pendidikan Agama Kristen hari ini menjadi bengkel moralitas anak bangsa dan sekaligus sebagai pemadam paham-paham radikalisme di tengah-tengah masyarakat, dan sekaligus sebagai pupuk penyubur akhlakul karimah bagi anak-anak bangsa di daerah ini,"harapnya.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"