Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 06 April 2019

Seluruh Perangkat Desa di Aru Belum Miliki Kartu BPJS

Kepulauan Aru, sorotnuswantoronews. Com - Meskipun Pada tahun 2018, Kementerian Dalam Negeri, telah menerbitkan peraturan yang dikhususkan bagi perangkat desa yaitu Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, apartur desa bisa mengikuti jaminan sosial ketenagakerjaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ( APBDes), namun sampai saat ini seluruh kepala desa di Kabupaten Kepulauan Aru belum juga mendaftarkan diri sebagai anggota Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) termasuk seluruh perangkatnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Forum Koordinasi BPJS wilayah Maluku, Zaina Astuti dalam rapat Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Kabupaten Kepulauan Aru Tahap I Tahun 2019 di Aula Kantor Kejari Kepulauan Aru, Kamis (5/4).

Kepada Kejari Kepulauan Aru Ketut Winawa SH.MH, selaku Ketua Forum Kordinasi BPJS Kabupaten Kepulauan Aru, Zaina Astuti mengaku belum terdaftarnya seluruh perangkat desa di Aru Iantaran kurangnya sosialisasi dari pihak terkait tentang pentingnya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Padahal Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan Permendagri nomor 20 Tahun 2018 sebagai salah satu acuan dalam penganggarannya. Di dalam pasal 19 ayat 4 disebutkan bahwa salah satu biaya untuk pegawai aparatur desa dan perangkat desa diambil dari APBDes yang juga bisa digunakan untuk membayar iuran jaminan sosial.

Dari pernyataan Zaina Astuti, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa diharapkan dapat mendorong para aparatur desa untuk mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dilaksanakan melalui BPJS Ketenagakerjaan. Sebagaimana dijelaskan dalam Undang undang nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.

“Hal ini sangat panting mengingat resiko yang bisa timbul seperti sakit, kecelakaan kerja bahkan kematian aparatur desa saat melaksanakan tugas.” ungkap salah satu JPU usai kegiatan.

Reporter : Nus Yerusa
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"