Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 20 Desember 2021

Bupati Tuban Serukan Persaudaraan Antar Perguruan Silat, Buka Kejuaraan Silat


Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., membuka Kejuaraan Pencak Silat antar Kecamatan se - Kabupaten Tuban, Senin ( 20/12/2021 ) di Lapangan Tenis Indoor Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo. Kegiatan yang di gelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tuban ke -728 turut di hadiri Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ) Tuban, H. Faisol Rozi, pimpinan OPD dan Camat se - Kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan kejuaraan pencak silat sebagai ajang meraih prestasi serta menambah persaudaraan antar perguruan silat. Pertandingan antar pesilat menjunjung tinggi nilai - nilai sportifitas dan saling menghormati. "Jadikan ini sebagai wadah memperkuat silaturahmi." Jangan sampai ada konflik antar perguruan silat," jelasnya.

Lebih lanjut, IPSI Tuban sebagai mitra Pemkab Tuban diminta agar perguruan silat yang belum masuk keanggotaan IPSI harus di dekati agar diajak bergabung. Tujuannya, guna memaksimalkan potensi pesilat di Kabupaten Tuban.

Mas Bupati Tuban berharap setiap kejuaraan di mulai dari tingkat Desa, terus berlanjut tingkat Kecamatan hingga Kabupaten. Sehingga, akan di dapat atlet yang menjadi representasi Desa, Kecamatan, dan Kabupaten. Di samping itu, Pemkab Tuban akan membuka akses seluas - luasnya bagi atlet Kabupaten Tuban untuk berkompetisi." Potensi atlet benar - benar akan di optimalkan," lanjutnya.

Selaras dengan program pembinaan prestasi atlet, lanjut Bupati, Pemkab akan meningkatkan sarana prasarana penunjang, diantaranya wahana latihan seperti GOR dan Lapangan Tenis  Indoor. Pengelolaan terhadap fasilitas olahraga juga akan di atur sehingga semua cabor dapat mengaktualisasikan diri.

Sementara itu, Ketua IPSI Tuban, H. Faisol Rozi menyebutkan kejuaraan silat kali ini di ikuti 187 peserta yang berumur 14 -18 tahun. Kegiatan yang di selenggarakan mulai tanggal 20 - 22 Desember ini, sebagai bentuk pembinaan prestasi. Mereka yang terpilih selanjutnya di gembleng secara intensif sebelum nanti menjadi kontingen Kabupaten pada kejuaraan tingkat yang lebih tinggi.


Faisol yang juga pesilat IPSI Tuban ini mengatakan IPSI Tuban menaungi 19 perguruan silat dengan anggota lebih dari 50 ribu orang. Jumlah tersebut menjadi potensi yang bisa di manfaatkan Pemkab Tuban untuk mendukung pembangunan." IPSI Tuban berkomitmen untuk menjaga kerukunan antar perguruan silat," pintanya.

Selepas dari Kejuaraan Silat, Mas Bupati juga berkesempatan meninjau pelaksaan kejuaraan Catur yang bertempat di pendopo Krido Manunggal Tuban. Kejuaraan Catur kali ini di ikuti perwakilan dari tiap Kecamatan masing - masing 2 peserta, sehingga total peserta kurang lebih 40 orang.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"