Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 09 Juli 2022

Idul Adha, Koramil Banyuanyar Cek Kesehatan Hewan Kurban


Probolinggo, SNN.com - Koramil 0820/20 Banyuanyar bersama tim medis melakukan pengecekan kesehatan dan penyemprotan disinfektan di pasar hewan yang ada dalam wilayah teritorialnya.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak sekaligus memberikan rasa aman pada masyarakat dalam mengkonsumsi daging.

Sertu Agus Budiono salah satu anggota Koramil 0820/20 Banyuanyar menyampaikan bahwa pihaknya bersama tim medis melaksanakan pengecekan kesehatan dan penyemprotan disinfektan kepada hewan khususnya sapi yang dijual untuk dijadikan hewan kurban.

"Kami juga melakukan pemasangan papan himbauan serta sosialisasi tentang anjuran dari pemerintah untuk melakukan pemotongan hewan kurban di tempat pemotongan hewan (RPH) yang ada," kata Sertu Agus Budiono, Sabtu (9/7).

Ia menambahkan bahwa pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak sebagai langkah pengawasan
untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan terjangkit penyakit mulut dan kuku atau tidak.

"Kami bersama tim medis turun langsung memantau kesehatan hewan kurban tujuannya untuk memastikan dan mencegah kemungkinan adanya hewan yang terjangkit virus penyakit mulut dan kuku yang dijual dalam peringatan hari raya Idul Adha kali ini,"ujarnya.

Babinsa satu ini juga mengimbau kepada pedagang hewan kurban maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya dengan harapan hewan ternak yang dijual terjamin kesehatannya.

"Tidak hanya di pasar hewan kami bersama tim medis juga door to door kepemilik hewan ternak untuk melaksanakan vaksinasi sekaligus memberikan edukasi dalam menjaga kesehatan hewan ternak dengan memperhatikan kebersihan kandang dan pakan dari ternak,"pungkasnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"