Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 17 Desember 2021

Bupati Tekankan Pendidikan Sebagai Ujung Tombak IPM, Resmikan Pusat Sumber Belajar SMPN 3 Tuban


Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., meresmikan Pusat Sumber Belajar ( PSB ) dan Masjid At-Tholabah SMPN 3 Tuban, Jumat ( 17/12/2021 ). Pada kesempatan ini, Bupati Tuban berdialog dengan tenaga pengajar maupun administrasi di SMPN 3 Tuban.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Drs. M. Sahid., MM., Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Nur Khamid, Ketua PGRI Tuban, Witono, dan Camat Tuban, Moch Dani Ramdani.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan Pemkab Tuban tengah melakukan pengkajian terkait pengembangan SDM melalui bidang pendidikan. Menurutnya, bidang pendidikan menjadi ujung tombak peningkatan IPM." Ini menjadi tanggung jawab semua warga Kabupaten Tuban, utamanya insan pendidikan," paparnya.

Penguatan bidang pendidikan didukung sarana prasarana penunjang yang memadai. Di samping itu, perlu di imbangi dengan pengembangan kompetensi tenaga pengajar. Persebaran guru juga harus merata agar seluruh anak di Kabupaten Tuban mendapatkan akses pendidikan yang bermutu.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban akan melakukan standarisasi lembaga pendidikan di Kabupaten Tuban. Tujuannya, agar menghindarkan terjadinya tindak pungutan yang membebani orang tua siswa." Sehingga tidak ada lagi istilah sekolah mahal," tandasnya.

Mas Bupati menekankan pengembangan pendidikan di Kabupaten Tuban di arahkan agar dapat mengoptimalkan potensi Kabupaten Tuban. Selain itu, juga selaras dengan program pembangunan yang telah di susun.


Dinas Pendidikan, PGRI Tuban dan lembaga pendidikan di minta agar dapat mengembangkan soft skill siswa, baik melalui kurikulum pendidikan maupun kegiatan ekstrakurikuler. Tujuannya, agar siswa tidak hanya menguasai akademik, tetapi juga di bekali kemampuan teknis.“ Seperti enterpreneurship, public speaking, fotografi, penguasaan bahasa asing, maupun kompetensi lainnya,” terangnya.

Di sisi lain, Mas Bupati Tuban juga menginstruksikan agar tiap OPD memiliki Desa binaan. Pengembangan Desa di maksudkan untuk mengoptimalkan potensi Desa tersebut. Sehingga mampu memunculkan kearifan lokal dan ciri khas tiap wilayah.


Sementara itu, Kepala SMPN 3 Tuban, Fathul Mu'in dalam laporannya menyebutkan SMPN 3 Tuban mengatakan PSB di bangun sebagai upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan siswa. Tujuannya, agar prestasi anak didik dapat terus di tingkatkan. Berbagai capaian telah di torehkan SMPN 3 Tuban.

Fathul Mu'in menjelaskan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar di SMPN 3 Tuban menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut sesuai dengan ketetapan dari Pemkab Tuban. " Kami mendukung program pembangunan Kabupaten Tuban," ungkapnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"