Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 10 Desember 2021

DIPA TKDD 2022 Di Terima Wakil Bupati Tuban


Tuban, SNN.com - 38 Kabupaten/Kota se - Jawa Timur menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ) dan Alokasi Transfer Kedaerah dan Dana Desa ( TKDD ) Tahun Anggaran ( TA ) 2022, tak terkecuali Pemkab Tuban yang kali ini di terima oleh Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, SH, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis ( 9/12/2021 ).

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah meminta kepada seluruh Kepala Daerah di 38 Kabupaten/Kota di Jatim yang telah menerima DIPA dan Alokasi TKDD TA 2022, untuk menggunakan anggaran tersebut guna mempercepat pemulihan ekonomi di daerahnya.

Khofifah menuturkan, Presiden menyampaikan pesan kepada Gubernur dan seluruh Kepala Daerah terkait penggunaan DIPA dan TKDD, agar Pemerintah Daerah benar - benar menggunakan alokasi TKDD tahun 2022 dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat sebesar - besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraaan masyarakat.

Presiden juga berpesan agar adanya percepatan belanja untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Daerah.“ Pesan Bapak Presiden tidak boleh menumpuk di Perbankan, harus segera di belanjakan," tuturnya. 

Sesuai pesan Presiden, Gubernur Khofifah berharap Dana Desa di optimalkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan percepatan penanganan kemiskinan ekstrim, program BLT Desa dan program prioritas yang lainnya agar tetap di lanjutkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut khofifah mengatakan, alokasi DIPA dan TKDD tahun 2022 merupakan stimulus dari pusat yang merupakan instrumen penting dalam pelaksanaan pembangunan agar tepat waktu, tepat sasaran dan tepat kualitas secara kolaboratif untuk memulihkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan tambahan stimulus tersebut, maka untuk tahun 2022 upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mempercepat pemulihan ekonomi penanganan kemiskinan, penanganan pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Gubernur Khofifah menjelaskan, alokasi TKDD Provinsi Jatim Tahun 2022 mengalami penurunan sebesar 0,39 % di bandingkan Tahun 2021. Kendati demikian, dengan seluruh ikhtiar seluruh stakeholder, semua rencana pembangunan yang telah di targetkan di harapkan tetap bisa tercapai maksimal dan mampu memberikan tetesan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Jatim.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, SH mengatakan, Kabupaten Tuban mendapatkan alokasi DIPA dan Alokasi TKDD  TA 2022 sebesar Rp. 1.828.513.167.000.

Wabup menegaskan, sesuai perintah Presiden, stimulus yang diberikan Pemerintah Pusat leat penggunaan dana alokasi, akan di serap semaksimal mungkin demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tuban.“ Pemulihan ekonomi masih menjadi fokus untuk saat ini, apalagi di masa pandemi. Untuk itu, kita akan maksimalkan penggunaan anggaran tersebut sesegera mungkin,” pungkas Wabup.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"