Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 15 Desember 2021

LPMDes sebagai bentuk mendukung kemandirian pangan


Lamongan, SNN.com - Keberadaan LPMDes (Lumbung Pangan Masyarakat Desa) penting untuk kemandirian pangan. sebagai bentuk dukungan, Bupati Yuhronur menyerahkan dan meresmikan hibah LPMDes pada pada 2 Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) di Desa Solokuro (Gapoktan Sumber Pangan) Kecamatan Solokuro dan Desa Tunggul (Gapoktan Makaryo) Kecamatan Paciran, Selasa (14/2).

Bupati lamongan berharap agar LPMDes dapat dimanfaatkan lebih baik lagi. Tidak sekadar tempat penyimpanan beras namun, sebagai penggerak perekonomian desa.

“Lamongan tidak akan bisa maju, kalau desanya tidak maju. Kita harapkan dari gabah yang disimpan itu bisa juga dijadikan beras kemasan, dan sebagainya. Minimal untuk mencukupi kebutuhan warga dalam desa,” Ujar Bupati Lamongan.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan Pujo Broto menyampaikan, sejak tahun 2006 sampai saat ini jumlah hibah lumbung pangan di Kabupaten Lamongan sudah mencapai 74 dari 204 lumbung pangan yang aktif dan 89 hibah isi lumbung pangan telah disalurkan.

“Untuk hibah 2 LPMDes ini total 1 milar 50 juta. Kami lakukan pembangunan gudang lumbung, pembangunan lantai jemur, dan pembangunan rumah rice milling unit (RMI), dan kami isi beserta gabahnya sekalian 8 ton gabah," ujarnya.


Sementara itu, Camat Solokuro Hari Agus mengatakan, Desa Solokuro telah menciptakan alat inovasi dengan harapan mengolah pertanian tidak hanya terkesan tradisional, tapi sudah menggunakan alat – alat modern.
“Saat ini, kita telah ada drone pembibitan serta pemupukan agar memudahkan petani serta mengarah ke pertanian moderen.” katanya.

Sebagai informasi, Bupati Yuhronur dalam kunjungan kerjanya secara simbolis menyalurkan BLT DD kepada penerima manfaat di Desa Payaman Kecamatan Solokuro dan Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong.
Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap terakhir (bulan November dan Desember tahun 2021 ) sebesar Rp 600 ribu di Kabupaten Lamongan secara serentak di salurkan ke seluruh kecamatan hari ini, Selasa (14/12).

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"