Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 10 Desember 2021

Tingkatkan Rumah Layak Huni, Bupati YES Menyerahkan Bantuan Program BSPS


Lamongan, SNN.com - Bupati Yuhronur atau Pak YES menyerahkan bantuan program Bantuan Stimulan Program Swadaya (BSPS) atau bedah rumah secara simbolis kepada masyarakat Desa Sekarbagus Kecamatan Sugio dan Kedungwaras Kecamatan Modo. 

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Perumahan yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di masyarakat melalui pembangunan rumah yang layak.

"Acara niki tujuane kangge maringaken buku tabungan seng wis ono isine mboten saget dipundet seng mboten jenengan kiyambak kangge bangun rumah," kata Bupati dalam sambutanya di Balai Desa Kedungwaras, Kecamatan Modo, Jumat (12/10/2021).

Lewat program ini, Ia berharap dapat memberikan stimulus dan kesempatan kerja bagi masyarakat berpenghasilan rendah agar lebih terpacu meningkatkan taraf ekonominya.

"Mugo-mugo bantuan rumah niki berkah agar sedoyo dapat keluar dari kemiskinan ekstrem," lanjutnya.

Kemudian, Kepala Desa Kedungwaras Ngawir Ghozali mengapresiasi langkah pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan melalui bedah rumah. "Alhamdulillah di sini desa Kedungwaras mendapat bantuan untuk 75 rumah tidak layak," ujarnya. 


Bantuan BSPS di Kabupaten Lamongan tersebar di tiga Desa yakni Desa Kedungwaras Kecamatan Modo (75 Unit), Desa Sidokumpul Kecamatan Sambeng (23 Unit), Desa Sekarbagus Kecamatan Sugio (80 Unit). Tiap Kepala Keluarga (KK) akan menerima bantuan dana masing-masing 20 Juta Rupiah untuk membangun unit rumah.

Pelaksanaan Program BSPS secara umum dilaksanakan dengan skema padat karya dan berkolaborasi dengan program pemberdayaan lainnya untuk kebutuhan sanitasi seperti MCK dan air bersih guna memenuhi kriteria rumah layak huni. Dalam proses pembangunan nanti tiap penerima bantuan akan didampingi agar dana dapat digunakan secara maksimal.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"