Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 04 Desember 2021

Wakil Bupati Yakin Tuban Bisa Mandiri Dengan Ekonomi Kreatifnya, Miliki Potensi Wisata Dan Kuliner Otentik


Tuban, SNN.com - Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, SH yakin, Kabupaten Tuban dapat mandiri dengan ekonomi kreatifnya lewat potensi wisata dan kuliner otentik yang di miliki. Hal tersebut di katakan Kang Riyadi dalam acara Festival Masakan Khas Tuban tahun 2021 dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke -728 di halaman tengah Kantor Pemkab Tuban, Sabtu ( 4/12/2021 ).  

Hadir pula dalam kesempatan tersebut,  Perwakilan Forkopimda, Sekda Tuban, Kepala OPD, serta seluruh Camat yang mengikuti lomba dengan menampilkan makanan dari Kecamatan masing - masing.

Dalam acara tersebut, Wabup Riyadi mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai bentuk perhatian dan dukungan Pemkab Tuban pada sektor usaha kuliner, sebagai bagian dari paket wisata di Kabupaten Tuban. Para pelaku usaha di bidang wisata dan kuliner diharapkan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, apalagi saat pandemi.“ Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa bertahan harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi, inovatif, dan kolaborasi dengan baik,” papar Wabup. 

Menurut Wabup, perilaku masyarakat saat ini mulai berubah, di barengi dengan tren pariwisata yang juga telah bergeser. Selain itu, masalah kualitas dan harga yang di tawarkan harus di sesuaikan, tidak terlalu mahal agar pengunjung bisa kembali lagi. “ Pemasaran lewat online dengan memasang harga relative,” bebernya.

Melalui Festival Makanan Khas Tuban,  pihaknya akan mendata potensi wisata utamanya kuliner di tiap wilayah di Kabupaten Tuban. Nantinya, wisata dengan kuliner menjadi satu paket, sehingga dapat saling melengkapi. Keotentikan kuliner Tuban yang tidak di miliki oleh daerah lain bisa menjadi senjata majunya wisata di Bumi Ronggolawe.“Jadi kalau orang kesini tujuannya nggak cuma untuk berwisata saja, tapi juga berkuliner. Apa yang khas dan menarik, pasti akan  menarik dan bikin orang kembali lagi,” jelentrehnya.


Lebih lanjut, Wabup berharap, kegiatan ini dapat  memotivasi pelaku usaha agar tetap bersemangat setelah kondisi pandemi Covid -19 yang  kian membaik.“ Kita gas lagi sektor ekonomi sehingga pendapatan masyarakat dapat terangkat,” terang Kang Riyadi.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan lomba Penyaji Terbaik Kategori Perwakilan Kecamatan, yang di menangkan oleh Kecamatan Jenu di peringkat pertama, Kecamatan Merakurak peringkat ke dua, dan Kecamatan Parengan di peringkat ke -3.

Untuk Penyaji Unggulan Non Rangking di berikan kepada Kecamatan Palang di urutan pertama, Montong di urutan ke -2 , dan Plumpang di urutan ke -3. Untuk rumah makan, penyaji terbaik dimenangkan oleh Resto Bajak Laut Tuban.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"