Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 27 Januari 2022

Pelantikan Mabicab Kwarcab Pramuka Blora Jabatan 2021-2026


Blora, SNN.com - Siti Atikoh Ganjar Pranowo, selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Jawa Tengah, pada hari Kamis (27/1/2022) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Blora. Dalam kunjungan ini, pihaknya memimpin upacara pelantikan dan pengukuhan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Blora masa jabatan 2021-2026.

Upacara pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan di pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Pada kesempataini Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dilantik sebagai Ketua Mabicab (Kamabicab), dengan wakil Tri Yuli Setyowati, ST., MM., dan anggota dari Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Blora, dan Kepala OPD.

Sedangkan Kak Slamet Pamudji, SH., M.Hum, dilantik sebagai Ketua Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Blora bersama sejumlah pengurus lainnya. Kak Slamet Pamudji menggantikan Kakwarcab yang lama, Kak Arief Rohman yang kini menjadi Kamabicab.

Kak Atikoh, sebagai Kakwarda Jateng mengucapkan selamat dan sukses atas dilaksanakannya pelantikan pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Blora ini. Menurutnya ini menjadi tonggak estafet kepengurusan gerakan Pramuka di Kabupaten Blora agar bisa terus mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Selamat kepada Kak Arief sebagai Kamabicab dan Kak Mumuk (Slamet Pamudji) sebagai Kakwarcab. Kami berharap keberadaan Pramuka di Kabupaten Blora ini kedepan bisa lebih baik lagi dengan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat,” ucap Kak Atikoh.

“Gerakan Pramuka ini tidak ada hentinya, apalagi Sabtu-Minggu lebih banyak kegiatannya untuk membangun karakter generasi muda, nasionalisme hingga rasa empati. Ketiga hal ini menjadi tugas kita bersama kedepan, apalagi pandemic masih terus membayangi,” tambah Atikoh.

“Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus dan anggota Pramuka di Kabupaten Blora yang selama ini ikut turun ke tengah masyarakat kaitannya dalam penanganan pandemic. Banyak yang sudah dilakukan adik-adik Pramuka, mulai kampanye prokes, membantu penyaluran APD, dan lain sebagainya. Semangat kebersamaan ini semoga kedepan terus meningkat. Kami yakin Pramuka akan terus tumbuh menjadi gerakan kepanduan pencetak generasi emas Indonesia,” pungkasnya.


Sementara itu, Bupati Arief Rohman, sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Blora menyampaikan terimakasih atas kehadiran Kak Atikoh Ganjar Pranowo untuk memimpin pelantikan pengurus Mabicab dan Kwarcab.

“Kehadiran Kak Atikoh menjadi penyemangat kami untuk terus berbenah bersama. Masih banyak PR yang harus diselesaikan pengurus Pramuka di Kabupaten Blora. Tidak hanya program kerja, namun juga penataan asset dan pengelolaannya agar bisa dirasakan  manfaatnya oleh masyarakat,” ucap Kak Arief.

Apalagi menurutnya di era globalisasi seperti saat ini sudah tidak ada lagi batas wilayah maupun batas budaya karena dunia digital sudah merambah hingga ke pelosok desa. Sehingga dirinya meminta Pramuka bisa ikut mengambil peran dalam membentuk mental, karakter, dan kepribadian generasi muda agar tidak mudah terpengaruh arus globalisasi.

“Melalui Pramuka mari kita bentengi generasi muda kita dengan pendidikan karakter, nasionalisme berdasarkan keimanan dan ketaqwaan. Kita ingin kedepan Pramuka Kabupaten Blora bisa mencetak generasi digital yang terampil, mendiri dan inovatif dengan tanpa meninggalkan karakter sosial budaya Indonesia,” tambah Arief Rohman.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan lencana penghargaan dari Pengurus Kwarnas kepada sejumlah tokoh penggerak Gerakan Pramuka di Kabupaten Blora, yang dilakukan oleh Kakwarda Jateng, Siti Atikoh Ganjar Pranowo. 

Reporter : Lukman
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"