Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 20 Januari 2022

SMKN 1 Kota Probolinggo Gandeng Perusahan Ternama, Demi Ciptakan Tenaga Trampil, Profesional Dan Berwawasan Global


Probolinggo, SNN.com - Dalam menyongsong bonus Demografi dan Era Globalisasi didunia pendidikan, mampu  memberi dampak ganda bagi siswa/i saat ini. Disamping berkesempatan memperoleh pendidikan yang berkompeten, mereka juga mampu memperoleh kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan di semua bidang nantinya.

Dalam mengantisipasi terbukanya persaingan yang dinilai semakin ketat dan rumit dalam mendapatkan lapangan pekerjaan, SMKN 1  (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) Kota Probolinggo tidak sedikitpun gentar. Karena pihak sekolah telah mempunyai cara tersendiri dalam mempersiapkan para siswa/i nya dalam menghadapi tantangan tersebut. Dimana SMKN 1 Kota Probolinggo telah memperkuat daya saing dan unggulan yang sangat kompetitif di semua bidang.

Dimana SMKN 1 Kota Probolinggo telah lebih mengedepankan kualitas dan kemampuan para anak didiknya dengan penguasaan Sains, Teknologi dan Managemen. Pihak SMKN 1 Kota Probolinggo pun menjamin anak didiknya ketika  lulus nantinya mampu menjadi generasi yang Unggul, Tangguh dan Kompeten di bidangnya masing masing. 

Salah satunya terbukti dengan cara menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan besar yang ada. seperti halnya pihak menggaet PT Nutrifood Indonesia, Maspion Indonesia,dan  Alfamart yang ada di Probolinggo. 

Jalinan kerjasama tersebut, pihak sekolah berharap agar perusahaan perusahaan tersebut mampu  memberikan pengenalan serta memberikan pembelajaran ilmu management perusahaannya kepada siswa/i SMKN 1 Kota Probolinggo. Tidak hanya dalam hal pengenalan produk produk  yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut,bahkan mangement marketing dibidang kewirausahan.

Bahkan untuk yang terbaru, pihak SMKN 1 Kota Probolinggo juga menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pengiriman dan logistik JNE (Perusahaan Transportasi Ekspedisi Nasional) perwakilan cabang kota Probolinggo, Kamis (19/01/2022).

 Lidya, salah satu guru pembimbing, sekaligus sebagai pengajar di bidang Kewirausahaan di SMKN 1 Kota Probolinggo menjelaskan bahwa, bukan hanya sekedar mengajarkan bagaimana membuka usaha, akan tetapi juga mampu memberikan pelajaran tentang strategi marketing dan produksi serta teori bagaimana mampu melihat peluang usaha yang ada nantinya.

"Kami berharap, setelah lulus dari sekolah mereka mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan atau mendirikan usaha sendiri.sukur sukur nantinya anak anak mampu menjadi pengusaha yang menguasai ilmu marketing. Sebagai seorang pengusaha,nantinya kami harap mereka mampu melihat peluang usaha lainnya."jelas Lidya

Lidya menambahkan, Selain demi menciptakan mutu berkualitas untuk alumni SMKN 1 nantinya, pihak sekolah juga menggandeng perusahaan perusahaan ternama dan berpengalaman sebagai kelas industri.Dimana siswa/i nya juga akan  di bimbing dan didampingi langsung oleh perusaan untuk memberikan peluang kerja mereka,hingga mampu meningkatkan kompetensi guru dna siswa. Salah satunya adalah  PT Humasoft Malang, PT Nutrimas area Probolinggo, JNE perwakilan Probolinggo juga serta perusahaan Maspion.

"Kebetulan SMKN 1 Kota Probolinggo sebagai Galeri pruduk dari Maspion. Dimana selama ini mereka mampu memberikan pembekalan tentang sistem Marketing kepada para siswa/i. Bahkan disetiap semester, mereka mengadakan kompetisi tingkat SMK SeJawa timur maupun Nasional, Alhamdulilah SMKN 1 Kota Probolinggo mampu meraih juara di tingkat provinsi."Pungkas Lidya
 
Menanggapi kerjasama nya dengan SMKN 1 kota Probolinggo, Kibeng perwakilan dari JNE cabang Probolinggo mengapresiasi dengan baik dan bangga. Menurutnya, siswa SMKN 1 Kota Probolinggo memiliki potensi penyerapan pengetahuan tentang marketing dan kewirausahaan lebih tinggi dari pada sekolah kejuruan  lain yang ada di probolinggo.

"Saya berharap pihak JNE akan lebih mudah dalam perekrutan tenaga kerja dari SMKN 1 Probolinggo nantinya." Jelas Kibeng

Hal senada juga disampaikan oleh  perwakilan PT. Nutrifood Retno Karera. Dirinya menjelaskan bahwa PT Nutrifood akan selalu memberikan pembekalan kepada siswa/i di SMKN 1 Kota Probolinggo sebagai bekal pasca lulus dari sekolah.

Perlu diketahui, SMK Negeri 1 Kota Probolinggo merupakan satu satunya Sekolah Menengah Kejuruan yang mengembangkan Sistem Inkubator Bisnis Sains dan Teknologi (IBEST) yang berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan harapan walimurid kepada putra putrinya untuk bisa mampu bersaing dan sukses setelah lulus nantinya.

SMK Negeri 1 Kota Probolinggo yang beralamatkan di Jl.Mastrip 357 kecamatan Kedupok, Kota Probolinggo tersebut 
merupakan Sekolah Adiwiyata yang telah mengembangkan Sistem Manajemen Lingkungan dan memiliki 5 Kompetensi Keahlian, diantaranya adalah OTKP (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran/ Administrasi Perkantoran), AK (Akutansi), Pemasaran/Marketing, PerBankan ,dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Hingga saat ini, siswa/i lulusan SMKN 1 Kota Probolinggo sendiri, mampu bersaing di pasar kerja. Sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di bidang Hospitality pada  tahun 2021, maka pihak sekolah sangat siap melanjutkan di tahun 2022 dengan Perahunya RPL dan GIM.

Reporter : Sholeh
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"