Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 26 Januari 2022

Pembuangan Sampah Pasar di Makam Desa Tunggulrejo Jadi Perbincangan Warga


Tuban, SNN.com - Keluhan warga untuk yang kesekian kalinya terkait sampah Pasar Desa di Desa Tunggulrejo Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban masih bergulir, Selasa (25/01 /2022) saat awak media sorot nuswantoro news mendatangi beberapa warga RT.01 RT.03 RT 06 dan lainnya,  setelah itu awak media memantau serta melihat langsung lokasi pembuangan sampah Pasar tersebut, Rabu (26/01/2022)

Hal tersebut ditanggapi langsung oleh beberapa warga terdekat saat awak media ini klarifikasi dan atau konfirmasi adanya pembuangan sampah Pasar Desa yang lokasinya di tempat Makam warga setempat di Desa Tunggulrejo yang sudah berjalan beberapa tahun ini.

"Pasalnya banyak warga mengeluhkan pembuangan sampah ditempat Makam warga setempat, "ujarnya.

"Kami sudah lama melaporkan hal itu kepada Kades Tunggulrejo, tapi sampai saat ini juga belum ada realisasinya, "ucap pak Rukiman(71thn) Rt 02/ Rw 01. saat di konfirmasi terkait Sampah.

Demikian pula pak Rukiman (71thn) selaku Ketua RW. 01.Mbah Karmin ( 75thn) RT 03/01, pak kosim( 61thn) Rt 06/ 02,serta pak Kyai Mawahibbus somad (55) Rt 13/04 dalam penyampaiannya, bahwa dirinya juga sudah lama membahas dengan banyak warga terkait pembuangan sampah Pasar Desa di Makam warga RT 07/02 di Desa Tunggulrejo kecamatan Singgahan kabupaten Tuban.

Dikesempatan ini, Mbah Rukiman Selaku Ketua RW 01. RT 02 saat di konfirmasi terkait Sampah menyampaikan, bahwa kalau saya bahkan sudah lama sekali mas menyampaikan hal itu, akan tetapi sampai saat ini tanggapan, realisasinya masih belum ada dengan berbagai alasan yang telah disampaikan, "Kata Mbah Rukiman.

"Gini Lo mas? Intinya banyak warga tidak setuju bila pembuangan sampah Pasar itu dibuang di tempat Makam warga." Walaupun di Makam mana saja, yang terpenting pembuangan sampah Pasar itu tidak di Makam atau tempatnya tidak di Makam, "Ucapnya.

Kalau memang pihak Pemdes memakai dasar Tanah Kas Desa (TKD), lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS), kan untuk TKD yang lain masih banyak, ada TKD Lapangan ada TKD sawah, kan itu bisa digunakan untuk TPS Pasar tersebut, "Terang Mbah Rukiman.

Rukiman menambahkan, coba mas renungkan, dimana rasa kemanusiaannya, masak Makam dicampur dengan tempat Sampah kan tidak etis dan tidak elok to, keluhnya. Dan saya kira hampir semua Makam yang ada di kabupaten Tuban ini tidak tercampur dengan Sampah di sampingnya.

Oleh karena itu, harapan kami, kalau memang pihak Pemdes sudah merencanakan dan atau mengalokasikan program pembangunan TPA Sampah, saya berharap dalam pelaksanaan Musdes nanti bisa terealisasi program itu dan sekali lagi TPAnya jangan sampai di Makam/ di samping Makam warga. Tentunya masih bisa dipertimbangkan untuk TKD yang lain sebagai TPS tersebut, "ungkap Mbah Rukiman.

Disisi lain Sekdes Yudi saat ditemui oleh awak media ini di Baldes Tunggulrejo mengatakan, bahwa terkait hal tersebut pihak Pemdes sudah dari tahun kemarin mengusulkan, akan tetapi dengan adanya pandemi Covid- 19 sehinga anggaran itu terserap oleh dana Covid- 19 dan untuk tahun inipun sudah di anggarkan ke P, akan tetapi tetap kesemuanya itu nanti masih menunggu agenda pelaksanaan Musdes yang akan datang, "ungkapnya.

Reporter : Muri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"