Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 11 Maret 2022

Mas Bupati Instruksikan Gerak Cepat Tangani Masalah, Tanggul Jebol Jadi Penyebab Banjir


Tuban, SNN.com - Hujan deras yang mengguyur hampir di seluruh wilayah Kabupaten Tuban Kamis sore, 10 Maret 2022, mengakibatkan banjir di Kecamatan Kerek. Setidaknya, 8 Desa terdampak banjir yaitu Desa Padasan, Temayang, Margomulyo, Karanglo, Gemulung, Trantang, Jarorejo Dan Wolutengah. Desa terparah adalah Temayang dan Margomulyo.

Menurut keterangan dari Kalaksa BPBD Tuban Sudarmaji, banjir terjadi akibat tanggul di Desa Temayang jebol sepanjang 30 meter. “ Tanggul tersebut tidak kuat menahan debit air hujan yang turun sejak pukul 15.30 WIB hingga 17.55 WIB,” timpal Darmaji.

Sudarmaji memaparkan, ada satu korban jiwa dalam banjir tersebut bernama Rasiban 70 tahun, warga Desa Temayang. Korban saat itu mencoba menahan pintu rumah dari terjangan air, akan tetapi pintu jebol dan korban terjatuh hingga meninggal dunia.“ Korban di temukan di rumah dalam keadaan sudah tidak bernyawa,” bebernya.

Di laporkan pula, dua unit rumah warga roboh yaitu milik marsilan ( 47 ) dan sulaiman ( 50 ), keduanya merupakan warga RT.2 RW.1 Desa Padasan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Selain itu, mengenai mobil avanza yang sempat viral hanyut terseret arus banjir juga telah berhasil di evakuasi. Petugas di bantu warga menarik mobil dari genangan air, dua penumpang dinyatakan selamat.


Sementara itu, pasca banjir yang menerjang 8 Desa di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menginstruksikan agar tanggul segera di benahi.

Kalaksa BPBD Tuban Sudarmaji menjelaskan, Mas Lindra menginstruksikan agar mengambil langkah cepat dalam penanganan banjir. Jum’at siang, pihaknya bersama Forkopimcam Kecamatan Kerek, Dinas terkait serta masyarakat mulai melakukan pengerjaan perbaikan tanggul yang jebol, tepatnya di Desa Temayang.“ Hingga saat ini tanggul jebol di 6 titik dan paling parah di titik yang berada di Desa Temayang dengan panjang 30 meter,” tutup Darmaji. ( AGUS ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"