Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 11 Juli 2022

Cegah Penyebaran PMK, Dandim Lakukan Pengecekan Tempat Penggemukan Hewan Ternak


Probolinggo, SNN.com - Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono melakukan pemantauan dan pengecekan secara langsung di tempat penggemukan hewan ternak di Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo.

Dandim menyampaikan dalam kunjungan ke tempat penggemukan hewan ternak sapi jenis limosin tersebut dalam rangka memantau dan menggali informasi apakah ada atau tidak hewan ternak yang terserang wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Dari 2.000 ekor sapi yang ada di tempat penggemukan ini berdasarkan hasil dari pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan dinyatakan dalam kondisi sehat," kata Letkol Arh Arip Budi Cahyono, Senin (11/7).

Ia mengungkapkan bahwa TNI dan Polri menjadikan wabah PMK ini sebagai atensi dengan segera mengambil tindakan dengan melaksanakan monitoring pengecekan kesehatan hewan ternak dalam rangka pencegahan wabah PMK. 

"Pengecekan kesehatan hewan ternak sangat membantu para peternakuntuk mengurangi rasa khawatir akan terjangkit penyakit PMK, TNI dan Polri berkolaborasi bersama-sama melakukan pemantauan terhadap hewan ternak,"ujarnya.

Perwira lulusan Akmil tahun 2002 kelahiran Ngawi ini berharap warga tidak perlu panik dan merasa takut untuk melapor ke petugas apabila hewan ternak mengalami penurunan kesehatan, Atas dasar inilah yang menjadikan adanya pengawasan dari pihak TNI dan Polri dalam melakukan pengecekan hewan ternak di wilayahnya. 

"Selain pengecekan kesehatan juga ada pos penyekatan hewan ternak di Kota dan Kabupaten Probolinggo ini sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran,"pungkasnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"