Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 14 Juli 2022

Cegah Penyebaran PMK, Koramil Paiton Pantau TPI


Probolinggo, SNN.com - Koramil 0820/16 Paiton melakukan pemantauan dan penyekatan di tempat sandar kapal nelayan di TPI Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, Kamis (14/7).

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya hewan ternak dari luar daerah masuk lewat jalur laut dalam situasi wabah penyakit mulut dan kuku seperti saat ini.

Batuud Koramil 0820/16 Paiton Pelda Agung Prihantono menyampaikan dalam pemantauan dan penyekatan tersebut selain personel dari koramil pihaknya juga bersinergi dengan pihak Kamla TNI AL, Dinas Perikanan dan kepolisian. 

Dalam kegiatan ini kami juga menghimbau dan mengajak seluruh nelayan dan pengguna jasa penyebrangan laut agar tidak mengangkut hewan ternak dari luar pulau untuk memutus rantai penularan PMK. 

"Apabila mengangkut hewan ternak harus disertai surat kesehatan dari dinas kesehatan setempat" kata Pelda Agung Prihantoro.

Ia berharap penyekatan dan pemantauan hewan ternak jalur laut ini dapat mengantisipasi setiap pergerakan yang membawa hewan ternak yang akan masuk atau hanya melintasi wilayah Kabupaten Probolinggo dan sebaliknya. 

"Kami akan memperketat pengawasan khususnya di jalur transportasi laut sebagai deteksi dini pencegahan wabah PMK,"ujarnya.

Batuud satu ini juga mengajak dan berharap semua lapisan masyakat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menanggulangi wabah PMK ini. "Support dan kerjasama dari masyarakat sangat diperlukan agar kebijakan pemerintah dalam mengatasi PMK dapat membuahkan hasil yang maksimal,"pungkasnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"