Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 13 Juli 2022

Kodim 0812/ Lamongan Siapkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan


Lamongan, SNN.com - Guna terwujudnya ketahanan pangan nasional, Kodim 0812/Lamongan, membuka lahan pertanian seluas 1 hektar untuk ditanami komoditas jagung yang merupakan lahan milik TNI AD yang bertempat di Desa Jotosanur Kec Tikung yang berada di lingkungan Koramil 0812/04 Tikung, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan.

Dalam keterangan tertulis Kodim 0812/Lamongan, Rabu (13/7/2022), penyiapan lahan saat ini pada tahap pembersihan maupun penyemprotan gulma atau tumbuhan pengganggu yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengolahan tanah serta nantinya pada saat ditanami," maka tanaman pokok tidak terganggu pertumbuhannya oleh tanaman pengganggu tersebut.

Dandim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menerangkan, program pemanfaatan lahan TNI AD ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman yang bertujuan untuk penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat.

Sementara itu, Danramil 0812/04 Tikung Lettu Inf Taman menjelaskan, lahan seluas 1 hektar yang berada jotosanur merupakan lingkungan TNI AD yang berada diKoramilnya tersebut, "lahan ini akan ditanami dengan tanaman jagung karena sesuai dengan konstruksi tanah serta pengairan yang ada di lokasi lahan tersebut.

“ Nantinya lahan ini akan kita tanami dengan tanaman jagung, karena memang lahannya sangat cocok dengan jenis tanaman ini, sehingga kita harapkan hasilnya nanti juga bisa maksimal, ” jelas Danramil.

Disampaikan lebih lanjut oleh Danramil, bahwa awalnya lahan tersebut kurang produktif karena hanya ditanami dengan tanaman tahunan seperti Padi, kemudian beberapa tahun belakangan mulai diolah dan dimanfaatkan dengan tanaman musiman agar hasilnya lebih maksimal dan bisa membantu dalam ketahanan pangan daerah dan nasional.

“ Ya awalnya memang lahan ini kurang produktif, kemudian beberapa musim belakangan mulai kita manfaatkan dan ada hasilnya, oleh karena itu saat ini lebih kita maksimalkan lagi dalam pengolahannya sehingga diharapkan bisa menghasilkan panen yang lebih baik, ” pungkasnya.(Pendim0812)

Reporter : Zainal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"