Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 13 Juli 2022

Prajurit Lanal Aru Kembali Tanam 300 Pohon Manggrove


Kepulauan Aru, SNN.com - Prajurit Pangkalan TNI Angkata Laut (Lanal) Aru kembali melakukan penanaman Mangrove di pesisir pantai wisata Papaliseran Jl. Belakang Wamar, Desa Durjela, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabuparen Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Penanaman Mangrove kali ini, Rabu 13 Juli 2022 dipimpin oleh Palaksa Lanal Aru, Mayor (Mar) Sapiruddin Siregar dengan mengusung Tema “Melalui Sinergritas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Tahun 2022 TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim dan Cuaca Global. The Mangrove Leader And Safe Our Earth.

Palaksa Lanal Aru, Mayor (Mar) Sapiruddin Siregar kepada Sorot Nuswantoro News mengungkapkan, penanaman Mangrove di pesisir pantai wisata Papaliseran Jl. Belakang Wamar dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2022 mendatang.

"Sebelumnya kita sudah melaksanakan penanaman Manggrove sebanyak 1.200 pohon di lokasi yang sama. Jadi penaman Manggrove hari ini merupakan tahap dua," ujarnya  

Terpisah, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Aru, Letkol Laut(P) R. Heru Cahyono, S.Sos. M.A, CHRMP, mengungkapkan bahwa rangkaian penanaman bibit pohon Mangrove ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan potensi maritim dari Pangkalan TNI AL Aru.

"Mengingat ekosistem Mangrove  memiliki peranan penting bagi lingkungan sehingga diperlukan aksi nyata bersama untuk saling menjaga ekosistem Mangrove dari kerusakan," ungkap Danlanal.


Tambah Danlanal, Penanaman mangrove sebanyak 300 bibit yang ditanam oleh Prajurit Lanal Aru hari ini merupakan upaya sebagai implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Harapan saya, "Penanaman mangrove sebelumnya dan hari ini bisa untuk mencegah abrasi mengingat permasalahan yang sering dihadapi di pantai yakni, abrasi akibat terjangan gelombang," ujar Danlanal.

 Reporter : Nus Yerusa/Pen Lanal Aru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"