Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 15 Juli 2022

Nguri Nguri Kabudayan Jawi Kanthi Tansah Setiti, Nyadran Desa Mabung Baron Nganjuk


Nganjuk, SNN.com - Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat dijawa,begitu juga di Dusun Mabung, Desa Mabung Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk, telah berabad abad dilakukan ritual bersih desa sebagai tanda syukur kepada tuhan(15/07/22).

Hadir dalam acara bersih Desa Mabung, PLT Camat Baron, Kapolsek Baron AKP Sutiyo, Danramil Baron Kapten Arm Sugik, perangkat Desa Mabung dan segenap warga ikut berkumpul di kediaman Kepala Desa Mabung.

Kepala Desa Mabung Putut Priyanto dalam sambutannya mengatakan, Alhamdulillah masyarakat Dusun Mabung hari ini bisa melaksanakan acara bersih desa ( Nyadran) sebagai wujud tanda syukur kita kepada Allah SWT atas rejeki yang telah diberikan kepada kita selama ini, dan sebagai bentuk nguri iri kita terhadap kebudayaan Jawa yang telah turun temurun kita lakukan sejak nenek moyang kita dahulu.


PLT Camat Baron Gunawan Wibisono, dalam sambutannya berharap agar tradisi tetap dilestarikan karena merupakan warisan asli dari leluhur tanah Jawa yang sudah turun temurun.

" Semoga dengan adanya rangkaian acara bersih desa ini bisa memupuk kecintaan kita terhadap budaya Jawa jangan sampai punah tertelan jaman, karena bersih desa ( nyadran) merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan atas limpahan rejeki yang selama ini kita rasakan," pungkas Putut.

Reporter : Widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"