Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 03 Agustus 2022

Desa Ranuagung Menggelar Selamatan Desa atau Baritan


Probolinggo, SNN.com - Selamatan Desa merupakan salah satu tradisi Jawa sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada pendiri desa. Pada hari Rabu, 03-08-2022 Desa Ranuagung Kecamatan Tiris mengadakan acara selamatan desa atau yang biasa disebut dengan Baritan oleh warga masyarakat.

Rangkaian acara Baritan pada kali ini dimulai pada hari Rabu, 03-08-2022 awal pembukaan acara di pimpin langsung oleh camat tiris TEGUH PRIHANTORO AP dan selanjutnya di laksanakan oleh kepala desa Ranuagung MUHAMMAD BILAL dan melakukan arak-arak berbagai macam kesenian dari waraga masyarakat desa Ranuagung maupun dari luar desa setelah itu di lanjutkan pelepasan burung merpati. 

Selanjutnya pada malam harinya mengadakan acara Tahlil dan Do'a bersama meminta atau memohon perlindungan kepada Alloh SWT untuk diberi keselamatan, kesehatan bagi warga masyarakat Desa Ranuagung dan dilanjutkan dengan acara hatimul majelis AL-HAIR dari genggong dan di susun pengajian umum dan lalu di tutup oleh doa. 

Acara tersebut dihadiri oleh kapolsek tiris beserta jajarannya dan seluruh elemen warga Desa Ranuagung yang terdiri dari Pemerintah Desa, Lembaga-lembaga Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Panitia Selamatan Desa serta sebagaian warga masyarakat Desa Ranuagung. (Ariffin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"