Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 06 Agustus 2022

Fisik dan Mental Paskibra Lamongan Terus di Gembleng Untuk Kesiapan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-77. Ini Pesan Peltu Prayit


Lamongan, SNN.com - Dua pekan tak menampilkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) secara penuh, 76 calon Paskibraka Ta 2022 di Kab Lamongan mendapat latihan yang extra dan difokuskan pada kekuatan fisik, agar lebih memiliki kesiapan sebelum bertugas nanti. sabtu (06/08/2022).

Koordinator Pelatih Paskibraka Kodim 0812/Lamongan Peltu Prayit mengatakan, latihan fisik perlu dimaksimalkan karena selama beberapa tahun ini belum tersentuh dengan sistem latihan yang maksimal.

“Persiapannya kami berikan pelatihan ekstra selain menanamkan rasa tanggung jawab,” terangnya, usai membimbing calon Paskibraka di alun alun Kab Lamongan

Ia memastikan, selama mengikuti latihan, tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja memang ada beberapa anak yang perlu menyesuaikan kondisi tubuhnya saat berlatih karna cuaca yang begitu exstrim.

“Ya cuaca di bulan Agustus ini sudah memasuki kemarau, jadi perlu penyesuaian terhadap suhu udara,” jelasnya.

Secara keseluruhan mental dan kedisiplinan anak sudah banyak yang terbentuk.

Para calon Paskibraka ini akan terus dilatih baik fisik maupun mental selama 12 hari. Rencananya peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia akan digelar di Alun-alun Kabupaten Lamongan.

Dengan menampilkan 76 anggota yang terdiri dari 35 putra 41 putri Paskibraka untuk melaksanakan tugas pengibaran Sang Saka Merah Putih, yang terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45.

“Banyak aktivitas masyarakat yang sudah diizinkan digelar di ruang publik. Apalagi ini kaitannya dengan Peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia, tentunya bisa digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Ia mengharapkan, seluruh calon Paskibraka memiliki rasa tanggung jawab yang baik dan selalu menjaga kesehatan dan kekompakan.

“Ikuti selalu arahan pelatih, pasti bisa menjalankan tugas dengan baik,” imbaunya.

Salah satu calon Paskibraka mengutarakan, sejak SMP sudah mempersiapkan agar masuk sebagai anggota Paskibraka dengan mengikuti ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan ketika di SMA juga bergabung sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

“Sangat menyenangkan karena banyak teman baru saat menjalani latihan tiap pagi. Mental dan fisik harus disiapkan supaya bisa tampil maksimal saat pengibaran Sang Saka Merah Putih,” ungkapnya.

Latihan fisik yang diberikan sangat beragam. Tiap pagi kami awali aktivitas dengan Lari, push-up, sit-up, jalan jongkok dan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Ungkap salah satu paskibra

Sebelumnya seluruh calon Paskibraka telah divaksin COVID-19 sebanyak tiga kali dan ditambah lolos tes swab. (Pendim0812)

Reporter : Zainal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"