Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 01 Agustus 2022

People Agility Jadikan Model KKN Unisla


Lamongan, SNN.com - Perkembangan teknologi informasi memberikan impek dalam kemajuan dunia. Kemajuan ini mengakibatkan bergesernya beberapa hal dalam kehidupan, termasuk perubahan sosial, perubahan ekonomi, dan perubahan-perubahan lain di tengah tata perubahan kehidupan masyarakat. 

Adanya mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dalam mengabdikan ilmunya  di masyarakat, diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan serta menjadi people agility. Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat terima mahasiswa KKN Unisla di Kabupaten Lamongan, Senin (1/8), di halaman Universitas Lamongan.

People agility, yang dimaksudkan Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan, yaitu generasi atau manusia yang terus siap beradaptasi dengan adanya lingkungan hidup. "Begitu juga kita harus terus menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang ada, seperti yang saya sebutkan tadi," kata Pak Yes

Selain itu, Pak Yes berharap, mahasiswa KKN Unisla mampu melihat perubahan secara nyata di masyarakat. "Ini agar adik-adik memperoleh ilmu yang luar biasa dari apa yang akan dilakukan, yang terus bertemu dengan masyarakat, dan terus melihat keadaan yang sesungguhnya yang terjadi di masyarakat", tutur Pak Yes

Lebih lanjut, saat menerima mahasiswa KKN Unisla sebanyak 1.159 Mahasiswa ini, Pak Yes menitipkan pesan, para mahasiswa dapat menginspirasi dan menjadi supporting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kewajiban adik-adik semua ini, kita harapkan sebagai inspirasi, supporting atau penyemangat agar masyarakat bisa bangkit kembali, berkunjung dan tentu perkenalkan dengan berbagai produk-produk maupun saluran distribusi pemasaran yang sekarang sedang berkembang," ucap Pak Yes

Dana dusun yang disalurkan di masing-masing dusun Pak Yes mengharapkan, mahasiswa KKN dapat menjadi pengarah serta pendamping. "Adik-adik nanti dapat mendampingi dan tentu mengarahkan kepada masyarakat agar dana dusun yang kita berikan kepada setiap desa kepada 1430an itu setiap dusun mendapatkan dana dari pemerintah daerah sebanyak 35 juta berjalan dengan baik.

Rektor Unisla Bambang Eko Muljono mengatakan, KKN Unisla tahun ini mengambil tema memayu raharjaning praja yang terinspirasi dari kota Lamongan.

"Ini mempunyai filosofi berusaha dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya dengan bekerja keras dan ulet untuk kesejahteraan dan keselamatan rakyat masyarakat dan negara," kata Bambang

Mahasiswa KKN yang akan melaksanakan KKN di 30 Desa 10 Kecamatan ini, Bambang berharap, mahasiswanya dapat mengabdikan ilmu kepada negara.

"Sekalian saudara belajar dari masyarakat mengenai apa dan bagaimana yang terjadi di masyarakat, khususnya covid-19 ini. Sehingga keberadaan saudara selama KKN bisa membantu program pemerintah dalam rangka mengungkit perekonomian covid 19," pungkas Bambang. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"