Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 07 Agustus 2022

Tiket Pesawat Dobo - Amq Cekik Rakyat Aru, Bupati Surati Kemenhub


Kepulauan Aru, SNN.com - Harga tiket pesawat Wings Air rute Dobo - Amq semakin mencekik. Saat ini berada pada kisaran Rp.2,8 juta lebih hingga membuat Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga semakin gelisah dan akhirnya menyurati 
Direktorat Angkutan Udara Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Bahkan, pada tanggal 4 Agustus 2022 kemarin, Bupati dua periode itu telah bertemu langsung dengan Direktorat Angkutan Udara Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk menyampaikan secara langsung permasalahan terkait harga tiket pesawat Wings Air yang semakin mencekik rakyatnya.

"Benar terkait mahalnya tiket pesawat rute Dobo - Amq, Bupati sudah menyurati Direktorat Angkutan Udara  Kemenhub RI. Bahkan beliau sudah ketemu tanggal 4 Agustus 2022 kemarin," ujar Kabak Humas Pemda Aru, Piter Kalarborbir, Sabtu (6/8/2022).

Menurut Kalarborbir, dalam pertemuan itu,  Direktorat Angkutan Udara Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI menjelaskan, tingginya harga tiket  akibat naiknya harga avtur juga disebabkan naiknya komponen pembentuk harga tiket, spt surecharge 20%, airport tax, PPN, fuel. Surecharge, dan lain - lain.

"Disamping pendapatan dari jumlah pax yg total full seat, dan harga avtur dari 14 ribu naik menjadi 20 ribu (harga avtur  termahal se-Indonesia ada di saumlaki)"ungkap Kalarborbir.

Lanjut dalam Keputusan Menhub tentang Tarif Batas Atas (TBA) untuk rute AMQ-Dobo senilai 1.985.000, adalah besaran basic fare / harga dasar, diluar komponen airport tax, fuel Surecharge, dan lain - lain  yang menurut penjelasan Presdir Lion Air yg didampingi Area Manager Wings Air Bandara Pattimura Ambon, bila harga tiket senilai 2,56 juta, masih belum melampaui TBA karena adanya tambahan komponen lain.

"Menyikapi kondisi ini, disepakati penerbangan tidak setiap hari, tapi 4-5 kali seminggu (day 1,3,5,7), yang diharapkan akan menaikan Load penumpang sehingga dapat menutupi cost penerbangan yang tinggi serta adanya kepastian keberangkatan," ucap Kalarborbir 

Bukan saja itu, kata Kalarborbir Bupati Johan Gonga juga  telah menyampaikan permasalahan itu kepada Presdir Lion Air Group Rudi Lumingkewas di Menara Lion Air di Jakarta.

"Solusinya akan ada upaya penerbangan baru rute Dobo-Langgur pake perintis Sam Air kemudian lanjut ke Amq dengan tujuan untuk menetralisir lonjakan harga tiket pesawat Wings Air dari Dobo tujuan Amq," jelas Kalarborbir.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"