Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 10 Januari 2024

Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Aru Anjangsana ke Rumah anggota Veteran

Kepulauan Aru, SNN.com - Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke-62, tanggal 15 Januari 2024, Pangkalan TNI AL (Lanal Aru melaksanakan kegiatan anjangsana di rumah anggota veteran, Rabu (10/1/2024).

Anjangsana yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Prasetiyo Agus Hariadi, S.E. ,M. Tr.Opsla dilaksanakan di rumah Bapak Saleh Kubangun, seorang masyarakat yang berjasa membantu Pasukan TNI dalam penyeberangan ke Papua Barat. Beliau lahir di Merauke pada tanggal 09 Juni 1937.

Selanjutnya ke rumah Bapak Sammuel Bonyaktutul yang lahir di Linggat pada tanggal 12 Agustus 1940, beliau adalah mantan anggota TNI AD yang akan infiltrasi ke Irian Jaya waktu itu, dan diangkut oleh KRI Macan Tutul dimana on board juga Komodor Yos Sudarso.

Di rumah Bapak Samuel, beliau menceritakan bagaimana awal infiltrasi dari embarkasi di Desa Ujir Kepulauan Aru sampai terjadi pertempuran laut Arafuru yang Heroik.
Dalam anjangsana tersebut terjalin komunikasi yang hangat antara Komandan Lanal Aru dengan para pelaku sejarah pertempuran Laut Aru.

Candaan dan gurauan dari Komandan Lanal Aru membuat Beliau (Pelaku Sejarah pertempuran Laut Arafuru) tertawa senang. 

Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Prasetiyo Agus Hariadi, SE., M.Tr. Opsla pada kesempatan itu menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada dua anggota veteran yang telah berjasa bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Ia berharap, kegiatan anjangsana ini dapat mempererat tali silaturahmi antara anggota TNI dan anggota Veteran serta menjadi momen berharga dalam menyambut Hari Dharma Samudera 15 Januari 2024.

"Semoga kebersamaan ini dapat terus terjalin dan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara," harap Letkol Laut (P) Prasetiyo Agus Hariadi.
Pada kegiatan tersebut, Perwira menengah TNI AL yang didampingi istri terkasihnya Ny. Hevi Rachmawati bersama para Perwira Staf dan Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 4 Korcab IX Dja III Lanal Aru menyerahkan Bingkisan dan Taliasih sebagai wujud kepedulian dan penghargaan kepada dua anggota Veteran yang telah mengabdikan diri untuk ikut berjuang merebut Kemerdekaan Indonesia tercinta ini.

Ucapan Terimakasih yang tulus, dari Para Pelaku Pertempuran Laut Aru atas kunjungan dari Komandan Lanal Aru beserta rombongan, harapannya semoga hubungan tali silatuhrahmi yang sudah baik tetap terjalin.

Pewarta : Nus Yerusa/ Pen Lanal Aru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"