Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Selasa, 19 Oktober 2021

PK-PPDI Kecamatan Babat menggelar Sekolah Perangkat Desa Jilid 2 untuk Jabatan Kepala Seksi Pemerintah Desa


Lamongan, SNN.com - Terobosan untuk meningkatkan kinerja perangkat desa, Pengurus Kecamatan Persatuan Perangkat Desa (PK-PPDI) Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan untuk kedua kalinya menggelar kegiatan Sekolah untuk Perangkat Desa di balai Desa Plaosan, Selasa (19/10/2021).

Sekolah Untuk Perangkat Desa jilid II ini diikuti oleh para Kepala Seksi (Kasi) yang menjabat di Pemerintahan Desa se-kecamatan Babat, setelah sebelumnya (jilid I) diikuti oleh Kepala Dusun.

Sekolah Desa untuk jabatan Kasi kali ini, menghadirkan narasumber utama, Nurul Yaqin (Kasi Pemerintahan Kecamatan Babat), Ismaun, SH. (Kabid Pemdes Dinas PMD Kabupaten Lamongan), serta bapak Ari Wibowo, S.T. (Tenaga Ahli Pendamping Desa Kab. Lamongan).

Ketua PPDI Kecamatan Babat, Idris Asy Syafi'i menyampaikan bahwa sekolah kali ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada seluruh Kepala Seksi se-kecamatan agar mengetahui, memahami, dan pada ujungnya bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. 

Melatarbelakangi penyelenggaraan sekolah desa ini, salah satunya adalah  masih banyak perangkat desa yang abai atau tidak tahu kewajiban dan tugas yang diamanatkan sebagai pembantu Kepala Desa.

"Fenomena umumnya adalah perangkat desa yang merangkap jabatan (profesi), dan perangkat desa sebagai _biro jasa_ (pengurusan KTP, KK, dll). Padahal banyak tugas dan kewajiban, yang jauh lebih urgen dan pokok untuk dilaksanakan selaku Pembantu Kepala Desa, "ujarnya. 


Idris Asy Syafi'i menambahkan, dalam jangka waktu 1 bulan kemudian, Sekolah Desa akan diselenggarakan kembali untuk jabatan Kepala Urusan. 

"Di kemudian hari, setelah Sekolah Desa untuk  semua jabatan perangkat desa berhasil digelar, akan dilanjutkan dengan workshop-workshop, "tambahnya.


Diharapkan dengan workshop yang sifatnya lebih teknis dan aplikatif, ekspektasi tinggi semua pihak (terutama masyarakat) terhadap perangkat desa, bisa kita penuhi.

"Dengan kegiatan ini, perangkat desa bisa lebih meningkatkan kinerja, meningkatkan tanggung jawab dan lebih profesional, "pungkasnya.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tetap  menerapkan protokol kesehatan.

Reporter : Wafa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"