Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 24 Oktober 2021

Wakil Bupati Tuban : Ulama Dan Umara Harus Bersinergi, Hadiri Hari Santri Nasional


Tuban, SNN.com - Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, SH., menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 yang di selenggarakan MWC NU Rengel, Minggu ( 24/10/2021 ) di Graha MWC NU Rengel Desa Pungulrejo. Pada kesempatan ini, juga dilakukan peresmian KBIHU NU Rengel dan Radio Dakwah NU Rengel.

Hadir pada kesempatan ini Ketua PCNU Tuban, KH. Musta'in Syukur, Mustasyar PCNU Tuban, KH. Fathul Huda, Camat dan Forkopimka Rengel, jajaran pengurus MWC NU Rengel, Plumpang, Soko, Widang, dan Grabagan.

Dalam sambutannya, Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., mengungkapkan peringatan Hari Santri Nasional menjadi refleksi atas perjuangan santri yang ikhlas mengorbankan jiwa raga. Resolusi Jihad yang di cetuskan Kiai dan Ulama NU menggelorakan keberanian santri untuk terjun mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada perang 10 November 1945 di Surabaya. 
" Peringatan Hari Santri Nasional menjadi momentum menggelorakan dan kebangkitan Kiai dan santri," pintanya. 

Sebagai generasi penerus, lanjut Kang Riyadi sapaan akrab Wabup Tuban, santri saat ini di harapkan mengisi Kemerdekaan dengan hal - hal positif dan inovatif. Kontribusi kalangan Kiai dan santri mencakup berbagai aspek kehidupan, pendidikan, sosial, ekonomi, dan keagamaan. Langkah yang di susun hendaknya sinergis dengan Pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten Tuban.

" Hubungan Ulama dan umara yang harmonis harus terus di rawat demi kemaslahatan umat," paparnya.

Lebih lanjut, jalin kerja sama Ulama dan umara menjadi salah satu pondasi pembangunan di Kabupaten Tuban. Kemajuan umat mencakup kemajuan intelektual, ekonomi, sosial, dan kesehatan.


Wabup Riyadi berharap pandemi Covid -19 yang masih melanda Bangsa Indonesia bukan menjadi penghalang memberi sumbangsih bagi Kabupaten Tuban. Justru menjadi motivasi untuk menelurkan ide baru, baik di bidang keagamaan, pendidikan, maupun pemberdayaan masyarakat." Semoga apa yang telah di perjuangkan menjadi catatan amal bagi kita semua," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah MWC NU Rengel, Ahmad Damanhuri menyebutkan peringatan Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW. di awali dengan kegiatan tahlil dan sholawat. Juga dilakukan Gowes dan kegiatan Kepemudaan lainnya oleh Ansor, Banser, IPNU - IPPNU. " Tidak lupa, juga bazar oleh Fatayat dan Muslimat," ucapnya.


Ahmad Damanhuri mengatakan pembangunan Graha MWC NU Rengel sebagai pusat kegiatan, rumah perjuangan kader NU, mulai dari masyarakat umum, santri hingga Kiai. Di samping itu, guna memberi manfaat bagi masyarakat umum juga di dirikan KBIHU NU. Sehingga memudahkan pelayanan haji maupun umroh. Sebagai sarana dakwah, MWC NU Rengel meluncurkan Radio Dakwah NU yang di harapkan mampu mendukung syiar Islam Ahlussunah wal Jamaah.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"